Pemerintah Siapkan Bantuan SPP Mahasiswa Senilai Rp2,4 Juta per Orang, Tapi Ada Syaratnya
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melaporkan bahwa telah menyiapkan dana sebesar Rp745,2 miliar yang akan digunakan untuk membayar biaya kuliah 310.508 mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Dana ini dikeluarkan pemerintah sebagai bantuan kepada mahasiswa sekaligus untuk memastikan tidak ada mahasiswa yang DO (dropout) akibat ketiadaan biaya,” ujarnya dalam konferensi pers virtual bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Rabu, 4 Agustus.

Khusus Mahasiswa Semester 3, 5, dan 7

Menurut Menkeu, bantuan pendidikan tersebut akan menyasar mahasiswa dengan tingkat semester 3, semester 5, dan semester 7.

“Bantuan ini hanya sekali di semester ganjil ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, bendahara negara tersebut juga menjelaskan bahwa dari total 310.508 mahasiswa yang dibidik ini merupakan cerminan 74 persen dari seluruh mahasiswa aktif yang terdaftar di Kemendikbud.

“Nantinya mahasiswa yang telah terverifikasi bisa mendapat bantuan Rp2,4 juta per orang,” tegasnya.

Sementara untuk mekanisme pembayaran, pemerintah akan langsung mentransfer ke rekening perguruan tinggi yang bersangkutan apabila validasi data telah rampung dikerjakan.

 “Anggaran ini masuk dalam kebijakan perlindungan sosial untuk membantu masyarakat, khususnya pada kondisi miskin dan rentan,” tutup Menkeu Sri Mulyani.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kuliah Gratis! Sri Mulyani Bebaskan Biaya SPP Mahasiswa Senilai Rp2,4 Juta per Orang

Selain Bantuan SPP Mahasiswa Senilai Rp2,4 Juta per Orang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!