Viral Mural Jokowi, Apa Arti '404: Not Found'?
Mural mirip Presiden Jokowi di Tangerang (Sumber: Istimewa)

Bagikan:

MEDAN - Di Tuban, Jawa Timur, seorang tukang sablon diperiksa polisi. Di Batuceper, Tangerang, polisi memburu seniman mural. Dua kasus itu terkait dengan kritik '404: not found' yang dikaitkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa sebenarnya arti dari '404: not found'?

Polsek Batuceper, Tangerang telah memeriksa dua saksi terkait karya mural '404: not found' yang sempat terpajang di Kota Tangerang. Mural itu kemudian dihapus. Polisi juga memburu seniman pencipta mural kritis itu. Polisi menafsirkan persoalan ini sebagai penghinaan terhadap lambang negara karena seniman misterius itu turut menggambar sosok pria mirip Jokowi sebagai latar tulisan '404: not found'.

"Tetap diadakan penyelidikan untuk pengusutan gambar-gambar itu. (Pelaku) masih dicari. Tetap akan dicari," kata Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Abdul Rachim, Jumat, 13 Agustus.

'404: Not Found', kode HTTP di Internet

Di jagat internet, 404 dikenal sebagai kode HTTP. Ketika kode itu muncul artinya laman tidak ditemukan alias kosong. 404 juga diartikan sebagai cara internet mengatakan bahwa Anda telah mencapai jalan buntu.

Dilansir news.com.au, Ada cerita menarik tentang angka 404 itu. Pesan itu muncul ketika sekelompok ilmuwan, seperti di CERN, Swiss mulai mengerjakan proyek yang jadi cikal bakal World Wide Web (WWW).

Dalam proses pengerjaannya, para ilmuwan membuat infrastruktur database yang menawarkan akses terbuka ke data dalam macam-macam format. Nah, database pusat WWW itu ada di lantai keempat di kantor, tepatnya ruangan bernomor 404.

Di dalam ruangan itu ada dua sampai tiga orang yang bertugas meletakkan file-file yang diminta secara manual. Mereka juga bertugas mengirimkan file-file tersebut ke jaringan untuk orang-orang yang memintanya.

Namun tak semua permintaan itu bisa dipenuhi. Ketika permasalahan ini terus terjadi dan jadi kendala umum, orang-orang di dalam ruangan akan mengirimi pesan standar bertulis, "Room 404: File Not Found."

Perkembangan teknologi kemudian membuat proses manual menjadi otomatis. Meski begitu pesan error tersebut tetap menjadi standar dengan nama "404 Not Found."

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 404: Not Found:: Anda Menuju Kebuntuan Demokrasi

Selain Arti '404: Not Found', ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!