Soal PTM, Jokowi: Pelajar Setelah Divaksin Bisa Belajar Tatap Muka
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan seluruh pelajar bisa melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah setelah mendapatkan vaksin COVID-19 dan tidak berada di wilayah level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikannya saat berbincang secara daring dengan seorang siswa dari SMA Negeri 2 Pulau Punjung, Dhamasraya, Sumatera Barat. Interaksi tersebut terjadi ketika Jokowi meninjau vaksinasi di SMAN 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan program vaksinasi massal di 10 provinsi secara virtual.

Jokowi: Terutama yang SMA, SMK, dan SMP

Ketika itu, seorang siswa mengaku sedih dan berharap bisa bertemu lagi dengan kawan-kawannya di sekolah setelah mendapat vaksin COVID-19.

"Ya, nanti semuanya setelah divaksin langsung bisa pembelajaran tatap muka asal sudah tidak berada di level 4," kata Jokowi menjawab keinginan siswa tersebut seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 13 September.

Jokowi berharap para kepala sekolah bisa menyegerakan kegiatan pembelajaran tatap muka setelah siswanya memperoleh vaksin COVID-19. "Terutama yang SMA, SMK, dan SMP," tegas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selanjutnya, ia juga meminta kepala daerah untuk segera menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada masyarakat. Jika vaksin habis, Jokowi bahkan meminta para kepala daerah segera menghubungi jika Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak segera merespons.

"Kalau ada stok vaksin segera habiskan. Segera suntik kan. Habis minta lagi Kemenkes. Kalau Kemenkes enggak kirim-kirim telepon ke saya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi memulai kegiatan kerja di Jawa Tengah dengan meninjau vaksinasi masyarakat. Jokowi berangkat menuju Klaten sekitar pukul 08.00 WIB dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, tempatnya bermalam sejak Kamis, 9 September lalu.

Setelah meninjau vaksinasi di Dukuh Ngledok, Jokowi juga dijadwalkan meninjau kegiatan vaksinasi serupa di Dukuh Brontowiryan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Lalu, Jokowi berkunjung ke SMAN 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Di sana, Jokowi akan meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi para pelajar se-Kabupaten Sukoharjo serta menyapa peserta vaksinasi pelajar di sejumlah lokasi lainnya di seluruh Indonesia melalui konferensi video.

Mengakhiri kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah, Jokowi diagendakan untuk menghadiri acara pertemuan dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), yang rencananya digelar di Auditorium Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Jokowi: Pelajar Setelah Divaksin Bisa Belajar Tatap Muka, Asalkan Tak Berada di Level 4 PPKM

Selain PTM, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!