Panduan Menanam Tanaman di Halaman Depan Rumah ala Feng Shui
Ilustrasi tanaman depan rumah (Unsplash/Jared Rice)

Bagikan:

MEDAN - Rumah yang teduh dan asri tentu membuat nyaman penghuninya. Apalagi ditambah aneka ragam tanaman. Namun ternyata menurut feng shui, setiap tanaman perlu diperhatikan terutama yang ditanam di halaman depan rumah.

Pada dasarnya feng shui tidak menyebut secara spesifik tanaman apa saja yang perlu dihindari ditanam di depan rumah.

Panduan Mudah Menanam Tanaman di Halaman Depan Rumah

Tetapi menjelaskan hal-hal apa saja yang membuat aliran energi di rumah tidak dinamis. Nah, supaya lebih terang dan jelas, berikut penjelasan feng shui dilansir Real Living, Selasa, 14 September.

  1. Tanaman yang menghalangi cahaya

Rumah membutuhkan paparan cahaya supaya sirkulasi energi positif bekerja optimal. Tetapi rumah yang kering dan cahaya menjadikan rumah tidak nyaman juga perlu dihindari. Secara spesifik Anda bisa memilih tanaman yang ukurannya tidak melebihi tinggi atap.

Misalnya, apabila menanam tanaman buah seperti mangga, jambu, nangka, maupun rambutan, bisa melakukan perawatan dan pemangkasan sehingga tidak membesar dan rumah terlihat lembab.

  1. Keseimbangan itu penting

Louis Loh, pakar feng shui, mengatakan bahwa dalam feng shui keseimbangan itu penting. Hindari menumpuk tanaman di satu sisi. Cobalah untuk mengukur keseimbangannya. Rawat tanaman tersebut agar tumbuh dengan baik dan tidak layu hingga menuning.

  1. Tanaman berdaun lebar

Menurut Louis, tanaman berdaun lebar menggambarkan rezeki dan kesejahteraan penghuni rumah. Maka pilihlah tanaman berdaun lebar atau daun bulat yang mirip dengan uang koin agar keberuntungan kerap singgah ke rumah.

  1. Hindari tanaman berdaun tajam, berduri, dan berbunga

Untuk tiga karakter tanaman, yaitu berdaun tajam, berduri, dan berbunga bisa ditanam di halaman belakang rumah. Tanaman seperti kaktus, menurut Louis, bisa memendarkan energi negatif. Sedangkan tanaman berbunga terlalu banyak menyerap energi penghuni rumah.

Logikanya, tanaman berbunga membutuhkan banyak cahaya matahari. Cahaya matahari yang perlu masuk ke dalam rumah lewat pintu, jendela, dan ventilasi jangan sampai terhalang oleh tanaman yang menyerap sumber energi terbesar tersebut.

  1. Hindari terlalu banyak tanaman artifisial

Paling enggak ribet memang men-display tanaman artifisial. Sebab tanpa perlu merawat setiap hari hanya perlu membersihkan ketika berdebu. Tetapi ini yang jadi persoalan, kata Louis.

“Jika Anda terlalu banyak mengoleksi tanaman artifisial, artinya Anda menyimpan banyak debu. Terlalu banyak debu di rumah buruk untuk feng shui,” papar Louis.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Menanam Tanaman di Halaman Depan Rumah, Ikuti 5 Aturan Feng Shui

 

Selain Panduan Menanam Tanaman di Halaman Depan Rumah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!