Bagaimana Masa depan Politik Gibran Rakabuming Raka?
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

MEDAN - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai kesuksesan karir politik Gibran Rakabuming Raka di Solo adalah hasil karena dia sudah menerapkan ATM yakni amati, tiru, dan modifikasi. Karena sang Ayah sudah sukses menjadi presiden maka Gibran hanya tingga meniru saja.

"Kesuksesan itu kadang dilakukan dengan cara meniru. Dengan cara ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Jika ingin sukses ya ATM orang yang sudah sukses... Sambil disesuaikan dengan dinamika dan perkembangan politik yang terjadi saat ini," jelas Ujang dihubungi VOI.

Kemiripan jalan dan cara berpolitik Gibran dengan Jokowi

Menurut Ujang bukan hanya karena sekadar meniru, melainkan Gibran telah memodifikasi cara berpolitiknya dengan keadaan sekarang. "Telah termodifikasi dengan sendirinya. Karena politik selalu berubah. Dan strategi dan zaman yang dihadapi Jokowi dan Gibran beda."

Mungkin banyak yang berekspektasi tanjakan karir Gibran di politik bakal menyerupai ayahnya. Untuk itu Gibran sampai sekarang masih sering ditanyai mengenai minatnya untuk maju di Pilgud DKI Jakarta. Bahkan Gibran sempat ditanya dengan siapa bakal dipasangkan kalau seandainya jadi melaju di Pilgub DKI.

Namun Gibran menanggapi pertanyaan itu dengan berkelakar. "Saya pasangannya Pak Teguh... di Solo," kata Gibran, Rabu 15 September.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, disebut-sebut tengah menjajaki diri untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang. Hal ini mencuat setelah Gibran berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan Top BUMD Awards 2021 dan memenuhi undangan acara donor darah dari PWNU DKI Jakarta.

Namun ia berkilah kedatangannya itu hanya memenuhi undangan dari PWNU DKI Jakarta saja. “Ora, wong teko (tidak, saya datang) tok undangan sebagai, mewakili keluarga besar Karang Taruna,” kilahnya.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai memang potensi Gibran untuk melangkah ke jenjang politik yang lebih tinggi itu cukup besar. Apalagi saat ini, ayahnya, Jokowi masih menjabat presiden.

"Potensinya besar. Apalagi ayahnya saat ini masih jadi presiden. Akan dihitung oleh lawan-lawan politiknya," kata Ujang.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Sejauh Mana Kemiripan Gibran dan Jokowi: dari Pengusaha, Gabung PDIP, sampai Jadi Kepala Daerah

Selain Masa depan Politik Gibran Rakabuming Raka, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait