Pakar Militer Jelaskan 2 Ribu Operasi Intelijen Amerika Serikat Terhadap China
Ilustrasi Kapal Perang China Qiandaohu (AO 886) dalam latihan militer bersama di kawasan Asia Pasifik. (Wikimedia Commons/RIMPAC)

Bagikan:

MEDAN - Pengakuan mengejutkan dikeluarkan oleh pakar militer yang menyatakan jika Amerika Serikat telah melakukan setidaknya 2.000 operasi mata-mata terhadap China sepanjang tahun 2021.

"Target misi-misi ini termasuk pulau-pulau dan terumbu karang yang dikuasai China di Laut China Selatan, serta daerah pesisir daratan China," jelas Cao Yanzhong, seorang peneliti dari Akademi Ilmu Militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), melansir Yenisafak 29 Oktober.

Pengakuan tersebut mengacu pada perjalanan kapal perang dan pesawat AS di perairan Laut China Selatan yang diperebutkan, dia mengatakan "operasi mata-mata dekat ditujukan ke China," harian South China Morning Post melaporkan.

"Frekuensi tinggi dari pengintaian seperti itu membahayakan keamanan kedaulatan China dan meningkatkan ketegangan regional, yang pasti akan memicu tentangan tegas dari China dan tidak diragukan lagi meningkatkan risiko tembakan,” tambahnya.

AS menyurvei Laut China Selatan yang sengketa

Analis militer itu berbicara di forum Xiangshan ke-10, sebuah konferensi militer tahunan China yang diadakan hampir minggu ini.

Awal Juli, sebuah lembaga think tank mengklaim AS menyurvei Laut China Selatan yang disengketakan 'hampir setiap hari' pada paruh pertama tahun berjalan.

"Data AIS (Sistem Identifikasi Otomatis) mengungkapkan, AS telah berturut-turut mengerahkan semua dari 5 kapal pengintai lautnya ke perairan sensitif Laut Cina Selatan hampir setiap hari, pada paruh pertama tahun 2021," sebut South China Sea Probing Initiative (SCSPI) yang berbasis di Beijing dalam laporan dua tahunan.

Pada Bulan April, sebuah laporan SCSPI mengatakan, pengintaian dekat militer AS di China di Laut China Selatan telah melihat “peningkatan tajam” dalam frekuensi, intensitas, dan relevansi sejak 2009.

Pengintaian dekat militer AS sering "menjadi salah satu dari tiga hambatan utama bagi hubungan militer China-AS, menjadi semakin serius dan berisiko, dalam dua dekade terakhir," tukas SCSPI.

"Saat ini, AS menerbangkan hingga 2.000 sorti pesawat pengintai ke Laut Kuning, Timur dan Selatan China per tahun," sebut laporan itu.

Untuk diketahui, Laut China Selatan diklaim oleh China dan beberapa negara regional lainnya, diikuti dengan berlanjutnya operasi angkatan laut AS di Selat Taiwan, bagian dari laut yang disengketakan, telah membuat marah Beijing.

Pernyataan China didasarkan pada 'sembilan garis putus-putus', garis ungu pada peta resmi China yang menunjukkan klaim historis Beijing di Laut China Selatan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Amerika Serikat Lancarkan 2.000 Operasi Mata-mata Terhadap China, Pakar Militer: Bahayakan Keamanan Kedaulatan

Selain Operasi Intelijen Amerika Serikat Terhadap China, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!