Harga Minyak Goreng di Sumatera Utara Masih Mahal, Disperindag: Belum Merata
Kepala Disperindag Sumut Aspan Sofyan (ANTARA/Andika Syahputra)

Bagikan:

MEDAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Utara mengakui sampai hari ini minyak goreng masih langka di pasaran. Hal ini terjadi setelah keluarnya peraturan Menteri Perdagangan nomor 07 tahun 2022 dengan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng Rp14.000 per liter.

Kepala Disperindag Sumut Aspan Sofyan mengatakan bahwa ketersediaan minyak goreng di pasar tradisional dan modern belum dapat terpenuhi. Sehingga dia mendorong produsen untuk mendistribusikan kepada masyarakat.

Harga Minyak Goreng Belum Sesuai Arahan Pemerintah 

"Kondisi harga minyak goreng belum merata di sumut dan sesuai arahan dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan," katanya, Selasa (8/2).

Menurut dia, langka nya minyak goreng ini tidak terlepas akibat tingginya harga CPO di pasar Internasional. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kepanikan masyarakat, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan produsen utama minyak goreng di Sumut.

Bahkan, kata Aspan, untuk menghindari adanya penimbunan dari pihak-pihak tertentu, Disperindag juga sudah berkoordinasi dengan Polda Sumut. Adapun peristiwa kelangkaan ini sudah terjadi sejak November 2021 lalu.

Upaya lain untuk mengatasi kelangkaan pihaknya melakukan pasar murah di 11 kabupaten/kota dengan menggelontorkan 400.000 liter minyak goreng. Namun begitu, harga di pasaran tetap tinggi, sehingga pada pada Januari 2022 Kemendag mengeluarkan keputusan harga HET Rp14.000.

"Yaitu mengatur harga minyak goreng itu satu harga Rp14.000 tidak melihat kemasan sederhana dan premium di bandrol Rp14.000," ujarnya.

Saat disinggung soal kelangkaan ini karena adanya penimbunan yang dilakukan oknum-oknum tertentu. Ia mengaku, salah satu faktor kelangkaan ini karena terjadi kepanikan di masyarakat sehingga membeli tidak lagi berdasarkan kebutuhan.

"Karena masyarakat dengan pengalaman yang lalu-lalu, mereka membeli tidak lagi kebutuhan sehingga gerai-gerai modern ini barangnya kosong," tutupnya.

Selain Harga Minyak Goreng di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!