Kabar Gembira bagi Kaum Milenial, Seleksi KPR Bakal Dipermudah Pemerintah
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

MEDAN - Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida meminta agar Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) mempermudah masyarakat dalam mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Salah satu kemudahan yang Totok minta adalah melonggarkan seleksi yang dilakukan kepada calon debitur.

"Kami harap Perbanas, filter KPR nya 'diperlonggar'," ucap Paulus dalam Investor Daily Summit 2021, Rabu 14 Juli.

Seleksi Perbankan Dinilai Terlalu Ketat dalam Seleksi Pengajuan KPR

Permintaan ini ia sampaikan karena seleksi perbankan dinilai terlalu ketat dalam seleksi pengajuan KPR. Maka dari itu, tak mengherankan jika pengajuan yang diterima hanya sedikit.

"Padahal, mereka yang membeli properti 90 persen dari pembeli adalah KPR dan KPA," ujar Paulus.

Hal ini, katanya, akan berpengaruh terhadap sektor properti. Jika perbankan mempermudah akses masyarakat dalam membeli rumah secara KPR, maka prospek pemulihan sektor properti juga semakin cepat.

"Terlebih, pemerintah sudah memberikan beragam stimulus untuk sektor properti Salah satunya insentif pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) untuk pembelian properti," jelasnya..

Adapun Paulus memproyeksi sektor properti dapat tumbuh hingga 20 persen di tahun 2021 ini. Perpanjangan insentif PPN DTP untuk pembelian properti sampai akhir 2021 menjadi salah satu faktor pendorongnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Seleksi KPR Diminta Dipermudah, Pengusaha Properti: Agar Industri Ini Pulih Lebih Cepat

Selain langkah pemerintah mempermudah Seleksi KPR, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!