Ketahui Efek Memakai Body Lotion untuk Wajah yang Cukup Berbahaya
Ilustrasi amankah body lotion untuk wajah (Pexels/Ron Lach)

Bagikan:

MEDAN - Pemakaian losion untuk badan atau dikenal dengan body lotion, bagi sebagian orang tidak bermasalah. Namun ternyata bahan tersebuit tidak diformulasi untuk wajah.

Body lotion dibuat untuk melembabkan kulit di badan, terutama untuk tangan dan kaki. Lantas apakah aman jika dipakai untuk wajah?

Dampak Memakai Body Lotion untuk Wajah

Pertama kali yang perlu dikenali adalah komposisi dari body lotion yang Anda miliki. Losion tubuh diformulasikan tidak khusus untuk perawatan kulit wajah. Sedangkan faktanya, kulit wajah lebih sensitif dibanding kulit pada tangan ataupun kaki. Apabila dipakai sekali, mungkin efeknya tak signifikan. Tetapi jika jadi kebiasaan, ketahui fakta-fakta berikut ini.

1. Kulit wajah jauh lebih tipis dan halus

Menurut Dokter Anna Chacon, dokter kulit di Weston, Florida, kulit wajah jauh lebih tipis dan halus. Sekitar kelopak mata Anda, ialah kulit yang paling tipis dan paling halus dibandingkan kulit lainnya di seluruh tubuh Anda, disamping kulit selangkangan.

Kulit wajah, mengutip dari Healthline, Senin, 13 Desember, memiliki pori-pori yang lebih kecil dengan konsentrasi kelenjar minyak kulit yang lebih tinggi. Ini yang menyebabkan kulit wajah lebih mudah berjerawat dibanding kulit lainnya. Sementara, tambah Chacon, kulit punggung dan kaki seringkali sangat tebal baik pori-porinya maupun jaringan kulitnya.

Ini yang membedakan perlunya formulasi khusus pada perawatan kulit wajah. Ahli anestesi bersertifikat, Dokter Renée Moran mengatakan bahwa produk yang dibuat untuk tubuh umumnya lebih kuat dalam hal melembapkan atau mengelupas tubuh. Artinya, body lotion mengandung bahan yang terlalu keras untuk kulit wajah.

2. Body lotion tidak memiliki tujuan spesifik seperti produk perawatan wajah

Produk perawatan kulit difomulasi dengan tujuan khusus seperti untuk kulit berminyak, kulit sensitif, atau kulit normal. Kadang formulasi juga dibuat sesuai masalah yang ingin diatasi, misalnya memutihkan, menghilangkan bintik hitam, atau menyamarkan kerutan. Faktanya, losion kebanyakan berbasis air dan tidak memiliki tujuan spesifik kecuali melembabkan dan memutihkan.

3. Kandungan pelembap pada body lotion terlalu berat untuk kulit wajah

Bahan pelembap pada losion tubuh biasanya terbuat dari mentega atau minyak. Namun, bahan-bahan tersebut terlalu berat dan bisa memperburuk masalah kulit wajah seperti jerawat. Belum lagi jika body lotion yang beraroma wangi. Fragrance atau aroma wangi pada body lotion bisa dengan mudah mengiritasi kulit yang lebih halus.

Chacon secara tidak langsung tidak menganjurkan untuk menghindari memakai body lotion untuk krim wajah. Bahkan ia mengenakan losion tubuh untuk wajah ketika bepergian. Namun, efek samping juga perlu disadari terutama bagi Anda yang memiliki karakter kulit yang sensitif. Efek samping yang bisa dialami jika memakai body lotion untuk wajah antara lain kulit jadi kemerahan, gatal dan iritasi, kekeringan, dan berjerawat.

Moran menambahkan, jika ingin minimalis dan menggunakan satu jenis losion untuk setiap spot kulit, bisa memilih losion yang lebih ringan supaya bisa dipakai juga untuk kulit wajah yang lebih berminyak. Pilih juga losion tanpa pewangi untuk apapun jenis kulit yang Anda miliki.

Pada intinya, tetap disarankan untuk menghindari pemakaian losion tubuh untuk kulit wajah. Tetaplah memakai krim sesuai formulasi dan yang cocok dengan karakter kulit Anda supaya tidak merusak kelembutan dan kehalusan kulit.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Body Lotion Dipakai untuk Wajah, Amankah? Ketahui Fakta-faktanya

Selain Memakai Body Lotion untuk Wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!