Tips Memperkuat Pertemanan, Bisa Dicoba pada Grub Anda
Ilustrasi cara memperkuat relasi pertemanan (Freepik/Tirachardz)

Bagikan:

MEDAN - Pertemanan memang dapat diperkuat oleh faktor-faktor sederhana, misalnya mengingat nama panjang dan menanyakan kabar adalah cara untuk memberitahu hadirnya penting bagi Anda.

Menurut penelitian psikologi sosial, kenyamanan dalam menjalin interaksi dengan teman bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Beberapa cara dan tips di bawah ini ini bisa dipraktikkan lho, alih-alih kesepian dan merasa sendiri lebih baik membangun support system dari lingkaran pertemanan Anda.

5 Cara Memperkuat Pertemanan

1. Sering berinteraksi

Ini mengapa semakin bertambah usia semakin sedikit teman yang dimiliki. Pasalnya, waktu habis untuk menggenapi prioritas utama dalam hidup, misalnya bekerja, berkeluarga, dan istirahat. Tetapi sering menjalin interaksi dengan teman Anda tak melulu menghabiskan waktu. Anda cukup mengalokasikan waktu luang, meski hanya saling sapa lewat mengirim pesan atau media sosial.

2. Ajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan merupakan cara seseorang mengekspresikan keingintahuan. Dilansir Psychology Today, Jumat, 7 Januari, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengajukan lebih banyak pertanyaan selama percakapan dianggap lebih responsif, lebih disukai, dan teman Anda tertarik untuk menjaga relasi pertemanan.

3. Ciptakan kesan yang baik

Kesan yang baik bisa didapat ketika Anda memperhatikan teman Anda. Ia akan memberikan hal serupa pada Anda sehingga tak merasa kesepian lagi. Maka, tunjukkan bahwa Anda bisa membuat teman merasa nyaman dan diperhatikan.

4. Tersenyum bersama

Senyum cerah bisa membuat seseorang lebih menarik bagi lawan bicaranya. Maka, ketika sedang bersama teman-teman Anda tak ada salahnya tersenyum bersama-sama untuk menguatkan hubungan pertemanan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dukungan emosional dari rekan dekat.

5. Cari dan temukan kesamaan

Punya teman dengan hobi dan minat yang sama, menurut penelitian bisa menjaga hubungan pertemanan bahkan bisa mendapatkan teman baru. Kesamaan lain atau kepribadian yang saling melengkapi, bisa membuat Anda bertemu dengan orang-orang yang membuat nyaman.

Dengan cara-cara di atas, Anda bisa terhubung dengan orang lain di lingkaran pertemanan Anda. Pasalnya, kehidupan modern yang serba cepat dan jarang memberi kesempatan untuk menjalin interaksi dekat orang orang lain acap membuat kesepian. Jadi, bagaimana cara Anda menjalin pertemanan untuk mengusir kesepian?

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Biar Enggak Kesepian, Begini 5 Cara Memperkuat Relasi Pertemanan

Selain Tips Memperkuat Pertemanan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!