Penyebab Kuku Jari Rapuh dan Sering Patah, Bisa Jadi Kamu Kekurangan Ini
Ilustrasi (Galitskaya/Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Memang banyak hal yang bisa menyebabkan kuku jari mudah rapuh dan patah. Misalnya, kebiasaan menggigit kuku, terlalu sering menggunakan cat kuku, hingga tekstur kuku yang kurang kokoh.

Akan tetapi tidak banyak orang tahu kalau kurangnya produksi kolagen dalam tubuh juga jadi penyebab kuku gampang patah. Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari Mind, Body, Green, Kamis, 14 April, kolagen sangat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan kecantikan kuku yang sehat.

Kolagen merupakan jenis protein yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia. Manfaat protein akan membuat kuku menjadi lebih kuat.

Konsumsi kolagen mulai sekarang juga

Orang yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama 24 minggu terbukti memiliki kuku yang tumbuh lebih cepat, kuat, dan lebih baik tampilannya. Sama halnya dengan biotin, vitamin B tambahan yang sering dijadikan suplemen pertumbuhan rambut. Biotin juga telah terbukti mampu mempertebal dan memperkokoh struktur kuku.

Sebuah studi pada 35 orang dengan kuku rapuh menemukan bahwa konsumsi 2,5 mg biotin per hari selama enam minggu hingga 7 bulan dapat memperbaiki gejala pada 63 persen peserta.

Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi biotin yang cukup sehingga Anda perlu asupan biotin tambahan yang dapat diperoleh dari makanan. Pun, biotin sering dipasangkan dengan kolagen guna mendapatkan manfaat kulit dan rambut yang sehat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kuku Jari Tangan Sering Patah? Bisa Jadi Tubuh Kamu Kekurangan Asupan Ini

Selain Kuku Jari Rapuh dan Sering Patah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!