Tips Menyemai Benih Anti Gagal dan Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi cara menyemai benih sayuran (iStockphoto)

Bagikan:

MEDAN - Hobi menanam sayuran di tempat tinggal, bisa memanen dan memanfaatkannya untuk mengisi meja makan. Bagi pemula, Anda bisa memulai dengan mengetahui tentang bagaimana, kapan, dan benih apa yang harus disemai untuk kebun sayuran di rumah. Menyemai benih berarti menaburkannya di tempat tepat sehingga mereka akan berkecambah. Berikut, fakta-fakta tentang menyemai benih.

1. Menyemai bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan

Menebarkan benih dan membuatnya berkesempatan tumbuh menjadi kecambah, bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Anda bisa memanfaatkan sepetak tanah kosong di halaman rumah. Bisa juga menyemai di nampan yang di letakkan di dalam ruangan. Banyak pemula memilih yang kedua, karena memiliki kontrol atas perkecambahan dan bisa memantau secara intensif.

2. Dilakukan sebelum memasuki musim hujan

Menabur benih sayuran, bisa dilkukan sebelum memasuki musim hujan. Setidaknya perlu menunggu satu minggu sebelum berkecambah. Kemudian menunggu hingga usia 1 bulan dan siap dipindahkan ke kebun. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, sayuran tertentu mungkin tidak akan punya kesempatan untuk tumbuh di luar ruangan tanpa pelindung dari suhu dingin.

Umumnya, setiap kemasan bibit sayuran atau tanaman lain akan memberikan petunjuk kapan dan bagaimana memperlakukan benih agar perkecambahan efektif.

3. Tabur berjajar untuk memaksimalkan ruang

Sayuran jenis tertentu, misalnya bayam, benihnya bisa ditabur berjajar. Cara menyemai benih sayuran yang berjajar ini berguna untuk memaksimalkan ruang. Tetapi sebelum ditabur, buat parit kecil sedalam setengah hingga satu inci untuk menempatkan benih pada interval tertentu. Kemudian tutup dengan tanah kembali setelah ditabur benihnya.

4. Jaga tanah agar tetap lembap

Setelah menabur benih, Anda perlu menjaga tanahnya tetap lembap. Namun bukan basah ya. Karena tanah basah dan terlalu lembap bisa mendorong penyakit tanaman, jadi biarkan sedikit kering sebelum menyiramnya lagi.

5. Benih sayuran apa yang bisa disemai?

Mengutip Family Handyman, Rabu, 20 April, benih apa yang ditaburkan tergantu pada preferensi pribadi. Tetapi juga perlu mempertimbangkan kepraktisan dan kondisi lingkungan, seperti suhu, lahan, dan pencahayaan. Sayuran yang bisa ditanam dengan mudah antara lain tomat, labu, mentimun, kacang panjang, cabai, hingga brokoli. Nah, untuk sayuran hijau, Anda bisa mencoba menyemai benih bayam, kenikir, hingga sawi hijau.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Menyemai Benih Sayuran, Ketahui 5 Faktanya Berikut

Selain Tips Menyemai Benih, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!