Tips Tidak Gampang Sakit ketika Lebaran, Lakukan Beberapa Hal Ini
Ilustrasi langkah menjaga kekebalan tubuh (Pexels/Jonathan Borba)

Bagikan:

MEDAN - Kekebalan tubuh manusia menjadi perisai untuk melawan serangan bakteri, virus, dan infektan yang menyerang tubuh. Maka, diperlukan langkah untuk menjaganya tetap stabil. Terlebih tingginya kasus persebaran Covid-19 akhir-akhir ini.

Guna menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap baik, langkah sesuai protokol wajib dilakukan. disamping itu, Anda bisa menjalankan langkah-langkah sederhana ini di rumah atau menghindari situasi kerumunan. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Pastikan tubuh tidak malas bergerak

Pikiran mungkin bisa berjalan-jalan hingga ke luar angkasa, tetapi pastikan tubuh tidak malas bergerak. Apalagi jika Anda bekerja dari rumah atau work from home.

Kurang gerak bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bagaimana bisa? Kurang gerak dikenal dengan sedentary life, aktivitas banyak duduk dan rebahan yang hanya membakar sedikit kalori untuk energi. Efeknya sistem kerja otak juga melambat dan seluruh sistem kerja tubuh kurang efisien.

2. Batasi konsumsi gula dan makanan manis

Tak apa mengonsumsi makanan manis sekali atau dua. Tetapi disarankan untuk batasi konsumsi gula sebab apabila berlebih dapat menurunkan mikroflora dalam usus. Dilansir CNN Indonesia, Senin, 21 Juni, Rita Ramayulis, seorang ahli gizi memaparkan cara kerja gula dalam usus.

Bakteri jahat menyukai gula dan mampu menekan bakteri baik. Karena hal tersebut kemampuan sel darah putih melemah dan kemampuan tubuh melawan bakteri menurun.

3. Konsumsi makanan yang minim pemrosesannya

Makanan yang direbus atau dipanggang lebih sehat ketimbang makanan yang diproses secara ribet. Misalnya, sejumlah makanan yang digoreng bisa membuat kadar nutrisi berkurang. Beberapa makanan juga lebih baik dikukus, sebab jika direbus dalam air dapat melarutkan nutrisi.

Maka penting untuk mengenali cara memproses makanan dan jenis makanan sehat untuk dikonsumsi sesuai kondisi kesehatan Anda masing-masing.

4. Cukup asupan vitamin D

Selain dengan berjemur pada pagi hari, Anda bisa mencukupi asupan vitamin D dengan mengonsumsi ikan, kuning telur, udang, jus dari jeruk segar, sereal, dan susu.

Dalam berbagai penelitian dibuktikan bahwa vitamin D tidak hanya meningkatkan imun dan memerangi infektan tetapi juga meningkatkan kekuatan tulang, otot, menjaga kesehatan mulut, mencegah diabetes, dn mengatasi hipertensi.

5. Mendapatkan tidur berkualitas

Tidur merupakan kebiasaan keseharian yang tidak sepele. Apabila kurang tidur, seseorang bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental. Setidaknya, dalam sehari dibutuhkan tidur 7-8 jam untuk cukup memproduksi hormon yang mendukung sistem imun tetap baik.

6. Kurangi minuman dan makanan mengandung kafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, bisa memengaruhi jam tidur Anda. Meskipun pada satu sisi kafein bisa bermanfaat meningkatkan fokus, tetapi atur jam-jam konsumsi kopi agar tidak mengganggu rutinitas yang menyehatkan seperti tidur.

7. Cukup konsumsi serat dan sayuran

Serat besar manfaatnya untuk mengatur metabolisme tubuh tetap bekerja optimal. Mulai dari mengatur tingginya gula darah hingga menjaga sistem pencernaan efisien. Sedangkan sayuran mengandung vitamin A, C, dan folat yang bermanfaat membantu imun tetap imbang.

Kandungan biokatif dalam sayuran juga membantu melepaskan respons kimiawi untuk mengoptimalkan kerja usus. Ini berfungsi sebanyak 70-80 persen pada produksi sel kekebalan tubuh.

Dari tujuh langkah menjaga kekebalan tubuh di atas, adakah yang sering luput jadi kebiasaan Anda? Mulai detik ini, disarankan atur ulang dan buat jadi rutinitas yang menyehatkan tubuh.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Biar Enggak Gampang Sakit, Begini 7 Langkah Sederhana Menjaga Kekebalan Tubuh

Selain Gampang Sakit ketika Lebaran, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!