Rekomendasi Snack Sehat, Cocok bagi Anda yang Sedang Diet
Ilustrasi snack sehat meningkatkan energi (Unsplash/S’well)

Bagikan:

MEDAN - Meminum secangkir kopi dapat membantu meningkatkan energi. Tetapi segenggam permen tidak akan membantu Anda untuk menambah energi. Terdapat camilan yang bisa mendampingi secangkir kopi Anda, seperti rekomendasi ahli diet berikut ini.

Menariknya menurut Kari Kooi, RD., dari Houston Methodist Weight Management Center di Texas, alih-alih mengonsumsi roti dari tepung putih, lebih baik konsumsi snack yang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat kompleks.

Nah, bila camilan kandungan tersebut divariasikan, akan membuat Anda bertenaga selama berjam-jam yang akan datang. Berikut, jenis snack yang membantu Anda meningkatkan energi.

7 Rekomendasi Snack Sehat

1. Almond

Kacang almond merupakan makanan ringan yang kaya akan magnesium dan vitamin B yang bisa diubah menjadi sumber energi. Menurut Rachel Berman, RD., CDN., penulis Boosting Your Metabolism for Dummies dilansir Everyday Health, Selasa, 28 Juni, studi menunjukkan bahwa orang dengan kadar magnesium rendah cenderung lebih cepat lelah karena peran magnesium cukup signifikan dalam metabolisme energi. Kekurangan vitamin B juga membuat kelelahan, lekas marah, serta konsentrasi buruk. Berdasarkan rekomendasi, Anda bisa mengkonsumsi 1 ons kacang almond agar kalori tetap terkendali.

2. Popcorn

Popcorn merupakan pilihan snack yang cerdas, karena diolah dari biji-bijian utuh dan rendah kalori. Tetapi perhatikan campurannya ya, jangan sampai bermandikan metega, garam, ataupun pemanis rasa buah. Lebih baik memilih popcorn original tanpa perasa tambahan untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa mengundang kalori lebih banyak.

3. Pisang

Setelah makan siang, cukup kenyang apabila ngemil banyak. Tetapi pisang bisa dipilih sebagai camilan sehat yang alami. Pisang dipenuhi kandungan serat, vitamin B6, dan potasium yang membantu meningkatkan energi dan fungsi otak. Pisang bisa dipasangkan dengan segelas susu rendah lemak ataupun secangkir yoghurt.

4. Pistachio

Pistachio merupakan kacang-kacangan yang bisa diandalkan jadi pembangkit energi karena mengandung protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal. Selain membuat Anda lebih berenergi, kacang pistachio juga bermangaat menyehatkan jantung. Menurut penjelasan Kooi, kacang padat ini hanya memiliki 100 kalori. Artinya jika dikonsumsi dalam porsi tepat, tidak perlu khawatir menambah berat badan.

5. Greek yoghurt

Jenis yoghurt yang satu ini, bisa disajikan untuk menu sarapan, makan siang, hingga jadi makanan ringan. Di dalam greek yoghurt mengandung protein dua kali lipat daripada yoghurt biasa. Saran Kooi, campurkan ceri segar atau kacang cincang untuk camilan kaya nutrisi menambah energi. Pastikan juga memilih yoghurt tanpa lemak dan tanpa gula tambahan.

6. Telur dan ubi jalar

Telur merupakan makanan padat nutrisi yang bisa dimakan, selain mengenyangkan juga meningkatkan energi. Anda juga bisa memasangkan telur dengan ubi jalar sebagai sumper karbohidrat kompleks. Paling tepat, disajikan dengan direbus karena meminimalisir lemak tak jenuh dari minyak atau mentega.

7. Cokelat hitam

Apabila Anda ingin ngemil makanan manis, cokelat hitam bisa jadi pilihan. Cek kandungan dan komposisi gulanya ya, pilih yang paling rendah atau memilih cokelat hitam murni yang bisa dikombinasikan dengan kacang almond serta ditambahkan buah-buahan manis. Cara ini akan lebih sehat karena meminimalisir konsumsi gula.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Rekomendasi 7 Snack Sehat yang Membantu Meningkatkan Energi

Selain Rekomendasi Snack Sehat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!