Tips Cepat Sembuh dari Flu dan Batuk dalam Waktu Singkat
Ilustrasi makanan agar flu cepat sembuh (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Bagikan:

MEDAN -  Saat masuk angin yaitu pilek dan sedikit demam, makan terasa tak nikmat. Namun, tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi agar lekas sembuh dari flu. Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk tetap kuat melawan gangguan kesehatan ringan yang membuat Anda sedikit merasa drop.

Dilansir dari Neha Vyas, MD., spesialis pengobatan keluarga membantu memberikan anjuran dalam melawan flu. Termasuk apa yang harus dikonsumsi atau apa yang harus dihindari. Berikut rekomendasi terbaik yang perlu Anda lakukan ketika mengalami flu.

1. Cukup minum air mineral

Nasihat ibu yang klasik terdengar tak meyakinkan, sebenarnya tepat. Minum cukup air mineral, dalam kondisi tubuh sehat diperlukan. Apalagi ketika tubuh terserang flu, tetap terhidrasi oleh minuman kaya elektrolit bisa membantu tubuh dalam memberikan perlawanan terhadap serangan flu. Saran dokter Vyas, hindari minum minuman berkafein atau minuman tinggi gula yang membuat Anda semakin dehidrasi.

2. Minum kaldu

Anda bisa membuat sendiri kaldu ayam di rumah untuk membantu mencegah dehidrasi. Kaldu, kaya akan nutrisi dan antioksidan. Ini juga membuat Anda merasa hangat dan nyaman. Selain itu, membantu meredakan sakit tenggorokan dan membersihkan hidung tersumbat.

Bisa juga Anda membuat kaldu berbasis bahan nabati. Misalnya kaldu sayuran sehat yang kaya akan protein dan zat besi dengan menambahkan lentil, buncis, kacang.

3. Es batu

Mengapa boleh minum es batu ketika flu dan batuk? Jelas Vyas, es membantu mendinginkan jaringan yang meradang. Tetapi perlu dipastikan bahwa Anda memilih minuman yang alami dan tidak mengandung gula tambahan.

4. Buah dan sayuran mengandung vitamin C

Vitamin C sebagian besar terkait dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi gejala pilek serta flu. Makanan yang mengandung vitamin C, antara lain buah jeruk, brokoli, blewah, kubis Brussel, kiwi, paprika, kentang, tomat, stroberi. Salad juga termasuk dalam makanan sehat yang mengandung vitamin C. Tetapi jika tak nyaman makan salad ketika sakit tenggorokan, Anda bisa mengolah sayur-sayuran menjadi sup yang lebih mudah ditelan.

5. Teh herbal

Teh panas dapat meredakan sakit tenggorokan, karena uapnya membantu meredakan hidung tersumbat. Kata dokter Vyas dilansir Cleveland Clinic, Selasa, 5 Juli, Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menenangkan. Madu dapat membantu mengurangi batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Tetapi tak boleh diberikan pada anak-anak usia di bawah 12 bulan yang terkena flu.

6. Bawang putih

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Anda dapat makan bawang putih mentah setidaknya dua siung pada saat makan. Bisa juga mencampurkan bawang putih dalam teh dan ditambahkan madu untuk menutupi aroma yang kuat.

7. Rempah-rempah yang menenangkan

Sejumlah rempah, seperti jahe, cabai rawit, dan kunyit dikaitkan dengan makanan yang nyaman dan menenangkan. Masing-masing dari rempah tersebut, memiliki berbagai khasiat kesehatan. Rempah tersebut juga berkontribusi meningkatkan kekebalan imun.

Dokter Vyas memberikan saran, hindari mengkonsumsi produk susu saat flu karena mengentalkan lendir dan bikin hidung semakin mampet. Selain itu, hindari pula gula karena dapat memicu peradangan yang mana ketika flu Anda berusaha lebih keras untuk melawannya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Biar Cepat Sembuh, Konsumsi 7 Makanan Ini saat Sedang Flu dan Batuk

Selain Tips Cepat Sembuh dari Flu dan Batuk, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!