Manfaat Shea Butter bagi Kesehatan Kulit, Ternyata Umum Digunakan di Afrika
Shea Butter, Kacang Asli Benua Afrika (iStockphoto)

Bagikan:

MEDAN - Sari kacang Shea butter adalah salah satu kandungan favorit dalam body butter yang cukup digandrungi untuk skincare. Shea butter memiliki kandungan vitamin A, E, dan F yang baik untuk kulit. Shea butter sendiri merupakan lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea yang banyak ditemui di benua Afrika.

Perlu diketahui, shea memiliki warna gading yang akan berubah menjadi warna putih setelah melewati proses pengolahan. Proses pengolahan shea butter sendiri adalah dengan dihancurkan, dibakar, dan digiling hingga halus dan memiliki tekstur seperti krim. Berikut adalah beberapa manfaat dari shea butter yang wajib Anda ketahui, melansir Medical News Today, Selasa, 19 Juli.

1. Melembapkan Kulit

Shea butter bersifat emolien. Sebagai emolien, shea butter membantu memerangkap kelembapan di kulit. American Academy of Dermatology Association (AAD) menyarankan untuk menggunakan produk shea butter untuk melembapkan kulit.

Shea butter juga mengandung asam linoleat. Menurut penelitian 2018, produk yang mengandung asam linoleat memiliki efek anti-inflamasi pada kulit dan meningkatkan hidrasi.

2. Sebagai Tabir Surya

Selain melembapkan, shea butter ternyata mengandung SPF yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski begitu, Anda tetap harus menggunakan sunblock untuk perlindungan ekstra kulit Anda.

3. Menunda Penuaan Dini

Kandungan triterpen di dalam shea butter mampu mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat membantu mencegah dan menyamarkan garis-garis halus atau kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.

4. Mengurangi Stretch Mark

Karena mampu melembapkan dan mengembalikan elastisitas kulit, shea butter dengan kandungan vitamin A dan E di dalamnya mampu membantu memudarkan stretch mark, bekas luka, hingga keloid.

5. Infeksi Kulit

Selain beragam manfaat yang telah disebutkan di atas, shea butter juga memiliki sifat antiradang yang mampu membantu mengurangi kemerahan, luka bakar, infeksi jamur, dan berbagai penyakit kulit lainnya.

6. Menghilangkan Bekas Luka

Shea butter memiliki kemampuan untuk menghaluskan jaringan parut. Keloid adalah jenis jaringan parut yang terangkat dan membesar. Ada bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan shea butter dapat membantu mencegah pembentukan keloid.

Namun, penting dicatat bahwa para peneliti menggunakan kultur laboratorium. Akibatnya, tidak ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan seberapa efektif shea butter dalam mencegah bekas luka keloid.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Shea Butter, Kacang Asli Benua Afrika yang Dikenal Bagus Tingkatkan Kesehatan Kulit

Selain Manfaat Shea Butter, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!