Rekomendasi Menu Olahan Surgum Bebas Gluten, Baik untuk Diet
Ilustrasi makanan berbahan sorgum (iStockphoto)

Bagikan:

MEDAN - Tanapan sorgum merupakan hasil pangan yang bisa tumbuh di lahan kering, misalnya di NTT. Sebagai sumber makanan non gluten, sorgum bisa jadi bahan alternatif buat Anda yang sedang diet ataupun alergi terhadap makanan mengandung gluten.

Menariknya, Anda yang sedang diet juga bisa memilih makanan berbahan sorgum. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Kue Jalabia

Kue ini khas sekali daerah Tegalgandu, Brebes, Jawa Tengah. Tak kalah dengan lekker, kue yang hanya berbahan tepung sorgum, vanili, dan garam yang diaduk hingga kalis kemudian dibentuk bulat kemudian digoreng ini, memiliki rasa yang legit karena ditambahkan karamel gula jawa.

2. Popcorn sorgum

Sorgum bisa menggantikan jagung ketika diolah menjadi camilan yang tinggi serat dan non gluten. Umumnya, diolah dari biji sorgum pilihan. Sebelum diolah, biji sorgum perlu direndam dan diolah dengan suhu rendah. Tanpa tambahan penyedap rasa pun, menu popped ini terasa gurih.

3. Salad sorgum

Mungkin Anda penasaran dengan rasa rich yang tersimpan dalam biji sorgum. Apalagi ketika dihidangkan sebagai salad. Untuk menghidangkan menjadi salad, biji sorgum siap konsumsi bisa ditambahkan dengan tomat, alpukat, dan arugula yang beraroma. Bisa juga arugula diganti dengan daun bayam yang mengandung tinggi serat.

4. Cookies sorgum

Biasanya, kukis non gluten berbahan biji gandum. Tetapi tak kalah soal rasa apabila menggunakan bahan tepung sorgum untuk cookies. Agar tetap aman dengan kandungan gula, Anda bisa menggantinya dengan kismis ataupun kacang almond untuk mendapatkan rasa nutty.

5. Roti sorgum

Kalau Anda mencari alternatif lain dari roti gandum, beberapa bakery outlet juga menjual roti sorgum. Apa kelebihan dari roti sorgum? Disamping rasanya yang nutty, sorgum juga bertekstur sedikit kenyal. Anda bisa memberi toping telur mata sapi untuk sandwich atau irisan buah stroberi untuk sarapan pagi.

6. Sorgum bars

Mungkin Anda cukup mengenal camilan bars berbahan biji-bijian yang rekat dengan karamel. Untuk sorgum bars, Anda bisa mengkombinasikannya dengan granola dan sereal. Nah, untuk menghindari karamel dari gula putih bisa digantikan dengan karamel gula aren.

7. Bowl sorgum

Biji sorgum bisa jadi alternatif pengganti nasi putih. Selain juga bisa dimasak menjadi makasan populer, misalnya nasi goreng. Sorgum juga bisa diolah menjadi bowl sorgum yang dimasak dengan jamur dan miso. Biasanya, restoran mengolahnya dengan menambahkan daun bawang dan bawang mrah yang ditumis dengan minyak canola. Kemudian ditambahkan bumbu lainnya agar rasa semakin kaya. Jika Anda familiar dengan mengolah nasi liwet, bowl sorgum diolah dengan cara yang sama.

Itulah 7 menu makanan yang berbahan tepung sorgum dan biji sorgum. Penting pula untuk diketahui, bahwa biji sorgum juga bisa diolah dengan cara yang lebih variatif. Tertarik mengolahnya sebagai asupan nutrisi tinggi protein untuk menu harian Anda di rumah?

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Menu Non Gluten Berbahan Sorgum, Penasaran Mau Mencicipi 7 Makanan Ini?

Selain Rekomendasi Menu Olahan Surgum, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!