Buah-Buahan yang Cocok untuk Sahur, Sehat dan Kenyang Lebih Lama
Ilustrasi buah untuk sahur (Freepik/pvproductions)

Bagikan:

MEDAN – Ketika puasa ramadan, sebaiknya jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Terdapat beberapa buah-buahan yang dapat Anda konsumsi dan membuat bikin awet kenyang. Bagi Anda yang sedang mencari-cari makanan menyegarkan untuk sahur, dapat memilih buah.

Dilansir dari Eatingwell, Selasa, 4 Mei, buah yang kaya nutrisi dan memiliki kandungan air yang tinggi bisa membantu rasa kenyang lebih lama. Apa saja buah yang bisa membuat terus kenyang?

1.     Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung 4 gram serat. Lebih dari setengah serat tersebut dapat larut dan membentuk gel kental. Serat kental dalam buah pir dapat memperbesar volume ruang sehingga rasa kenyang akan lebih lama.

2.     Apel

Apel sejumlah 80 persennya mengandung pectin atau serat larut, sama seperti yang dikandung dalam buah pir. Ketika digigit bertekstur crunchy karena mengandung 85 persen air. Berdasarkan saran ahli diet, Anda bisa memadukan apel dengan makanan lain yang mengandung protein agar tetap kenyang.

3.     Blackberry

Beri hitam atau dikenal dengan blackberry dalam setiap porsinya mengandung 8 gram serat. Buah rendah gula ini bisa dipadukan dengan Greek yoghurt, efeknya memperkecil kemungkinan rasa lapar datang lebih cepat.

4.     Jeruk

Rasa kenyang lebih lama setelah makan sahur ditutup dengan jeruk karena buah segar ini mengandung pektin, hemiselulosa, lignin, dan selulosa. Kandungan tinggi air juga berkontribusi mekanisme bulking pada sistem pencernaan yang membuat kenyang lebih lama.

5.     Pisang

Khasiat buah yang satu ini sudah diketahui secara umum, bahwa mengandung tinggi serat meski sedikit air. Tetapi pati dalam pisang bertindak sebagai prebiotik yang baik untuk usus.

6.     Wortel

Meski rasanya manis, wortel tidak mengandung tinggi gula. Teksturnya juga renyah serta mengandung 4 gram serat dan 50 gram kalori. Anda bisa membuat wortel menjadi minuman seperti jus atau campuran sayur Anda untuk sahur bersama keluarga.

7.     Alpukat

Rekomendasi buah terakhir yang bikin kenyang lebih lama ialah alpukat. Namun Anda perlu menghitung porsi lebih detil apabila ingin menutup sahur dengan buah ini. Atau dapat diolah menjadi jus maupun saus ala Meksiko, guacamole.

 

Artikel ini pernah dimuat di VOI.ID dengan judul: Cocok untuk Sahur, Rekomendasi 7 Buah yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama.

Selain Buah-Buahan yang Cocok untuk Sahur, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!