Hindari Kebiasaan yang Membuat Wajah Berjerawat Berikut
Ilustrasi jerawat di wajah (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

MEDAN – Jerawat seringkali tumbuh tak terduga. Sebenarnya, tumbuhnya jerawat bukan tanpa alasan. Sebab, setiap aktivitas dan kebiasaan dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Seperti kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sehari-hari di bawah ini. Kebiasaan tersebut bisa memicu tumbuhnya jerawat, baik di pipi maupun bagian wajah lainnya seperti dagu, dahi, dan hidung.

6 Kebiasaan yang Membuat Wajah Berjerawat

1.     Sering Begadang

Setiap kali kurang tidur selama satu jam, tingkat stres akan meningkat sebanyak 14 persen. Melansir dari WebMD, stres dapat memicu pelepasan hormon kortisol. Terjadinya peningkatan hormon kortisol dapat merusak struktur kulit dan memicu peradangan pada tubuh.

Jadi tak heran jika begadang adalah salah satu kebiasaan penyebab tumbuhnya jerawat. Hal ini dibenarkan oleh Jessica Krant, MD, MPH. Beliau adalah seorang asisten dosen dermatologi klinis di SUNY Downstate Medical Center New York.

Ia mengatakan bahwa jerawat akan semakin parah jika terbiasa tidur larut. Begadang juga bisa memicu timbulnya masalah lainnya terjadi pada kulit seperti dermatitis kontak, eksim, dan psoriasis.

2.     Lama tak mengganti sarung bantal

Jangan kaget jika saat bangun tidur, jerawat muncul di pipi. Ini disebabkan lama tak mengganti sarung bantal sehingga kotoran yang menempel di bantal menempel di wajah. Saran terbaik, rutinlah mengganti sarung bantal, guling dan sprei untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

3.     Sering menyentuh wajah

Dengan mata telanjang, kuman, dan kotoran yang menempel di tangan tidak bisa terlihat. Jika sering menyentuh wajah, secara sadar maupun tidak bisa jadi satu penyebab tumbuhnya jerawat. Untuk mengatasinya, kurangi menyentuh wajah terlalu sering apalagi tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

4.     Jarang membersihkan aplikator makeup

Kebiasaan merias wajah perlu diimbangi dengan rajin membersihkan aplikator makeup seperti brush dan puff. Setidaknya, cuci sebulan sekali agar tak jadi sarang bakteri penyebab jerawat.

5.     Sering lupa mencuci muka

Mencuci muka memang tidak perlu sering, tetapi setelah beraktivitas atau sebelum tidur usahakan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Selain setelah beraktivitas di luar ruangan, setelah olahraga juga baiknya mencuci wajah untuk menghalau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

6.     Suka makan makanan pedas

Meski setiap orang memiliki keseimbangan pH yang berbeda-beda, mengonsumsi makanan pedas juga jadi penyebab tumbuhnya jerawat. Artinya, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Cobalah evaluasi, jerawat muncul setelah makan apa.

Jerawat memang tak diinginkan tumbuh, tetapi jerawat juga merupakan satu penanda bahwa kita butuh memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk yang memengaruhi keseimbangan tubuh.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Wajah Berjerawat.

Selain kebiasaan yang membuat wajah berjerawat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!