Sedang Sedih? Berikut Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Hormon Bahagia
Ilustrasi makanan di meja (Unsplash/Pablo Merchan Montes)

Bagikan:

MEDAN - Bagi kamu yang sedang bersedih, tenang berikut ini beberapa kuliner yang yang mengandung Hormon bahagia; dopamin, endorfin, serotonin dan oksitosin.

Keempat hormon tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda. Dalam sistem hormon dalam tubuh, dopamin berkaitan dengan penghargaan diri dan motivasi. Selanjutnya, endorfin dikenal sebagai pereda nyeri. Selain itu, endorfin juga memiliki peran dalam meredakan stres serta kecemasan.

Oksitosin sebagai hormon cinta dan serotonin berkaitan dengan mood, daya ingat serta nafsu makan. Lantas, makanan dan minuman apa saja yang dapat meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh? Berikut daftarnya.

1.     Cokelat

Jenis cokelat yang mengandung tinggi cocoa atau cokelat hitam paling efektif untuk meningkatkan pelepasan endorfin. Cokelat hitam yang sering dikenal dengan dark chocolate sering membuat lebih bersemangat. Jenis cokelat ini juga meningkatkan imunitas tubuh, menyehatkan jantung dan meningkatkan kemampuan kognitif.

2.     Susu

Cokelat jika dicampur dengan susu merupakan perpaduan makanan yang tepat untuk meningkatkan kebahagiaan. Jika cokelat meningkatkan pelepasan endorfin, susu mengandung triptofan yang membentuk serotonin. Artinya, untuk memperbaiki bad mood kedua makanan dan minuman ini dapat dikonsumsi.

3.     Kacang-kacangan

Endorfin dapat dipicu pelepasannya jika mengganti cemilan berkalori dengan kacang-kacangan serta biji-bijian. Kandungan vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan seng bisa menekan produksi kortisol. Hasilnya, almond, kacang kenari, biji bunga matahari bisa menekan perasaan tertekan dan meningkatkan kebahagiaan.

4.     Apel

Benar saja, idiom the apple of my eye tidak datang begitu saja tanpa alasan. Meski idiom tersebut menyimbolkan seseorang yang dicintai, apel sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan mengonsumsi apel, tubuh jadi lebih berenergi, perasaan senang lebih melingkupi dan tentu saja merasa lebih bahagia.

5.     Kopi

Studi yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine, minum dua hingga tiga cangkir sehari bisa menurunkan risiko depresi hingga 15 persen. Dalam studi tersebut, wanita sebagai responden yang tidak meminum kopi justru berkemungkinan lebih tinggi mengalami depresi.

6.     Es krim

Jika mengonsumsi es krim, pertimbangkan porsi karena mengandung glukosa dan kalori. Meski begitu, es krim banyak mengandung triptofan, setara dengan susu. Artinya, kudapan pembentuk serotonin bisa memperbaiki mood.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 7 Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Hormon Bahagia.

Selain Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Hormon Bahagia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!