Tetap Hidup Sehat dan Ketahui Kadar Gula Darah Normal di Usia 50 Tahun
Ilustrasi glucometer dan obat diabetes (Unsplash/Mykenzie Johnson)

Bagikan:

MEDAN - Kadar gula darah normal penting guna menjaga keseimbangan kondisi kesehatan tubuh. Apabila kadar gula darah Anda terlalu tinggi, maka dapat mengalami diabetes.

Menariknya dalam setiap usia terdapat ukuran berbeda-beda. Kadar gula darah normal dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Perlu diketahui, untuk ukuran darah terlalu tinggi apabila melebihi 200 mg/dL, namun kadar gula darah sangat rendah juga akan berbahaya untuk kesehatan.

Mengetahui Kadar Gula Darah Normal Usia 50 Tahun

Tes gula darah ada 3 macam, yaitu tes setelah puasa, setelah makan, dan secara acak. Berikut pemaparannya ukuran normal dari gula darah berdasarkan macam-macam test.

1.     Tes gula darah setelah makan

Bagi usia sebelum 50 tahun, kadar gula darah normal tidak melebihi 140 mg/dL. Sedangkan kadar gula darah normal usia 50 tahun tidak jauh berbeda tetapi ukuran maksimum pada 150 mg/dL. Berbeda lagi usia 60 tahun, usia ini gula darah normal maksimal pada angka 160 mg/dL.

2.     Tes setelah puasa

Puasa merupakan cara untuk membatasi jumlah konsumsi asupan nutrisi. Tes gula darah setelah puasa, rata-rata normalnya 100 mg/dL.

3.     Tes gula darah acak

Jenis tes yang terakhir ini termasuk sulit diukur normal raa-rata. Sebab setiap orang akan berbeda-beda makanan yang dikonsumsinya. Makanan tertentu terutama yang mengandung karbohidrat sederhana sangat mungkin membuat kadar gula darah tiba meningkat.

Sedangkan jika memiliki kebiasaan makan sehat, khususnya mengonsumsi sayur, buah, dan memilih karbohidrat kompleks akan lebih stabil gula darahnya.

Pada umumnya, rata-rata hasil tes gula darah ukuran normal antara 80-120 mg/dL jika dilakukan sebelum makan atau setelah bangun tidur. Jika test dilakukan sebelum tidur akan lebih tinggi ukuran batas normalnya, yaitu antara 100-140 mg/dL.

Untuk mendiagnosa penyakit diabetes, yang dipakai adalah ketiga tes di atas. Sedangkan tes gula darah yang dilakukan sewaktu-waktu tanpa memperhitungkan waktu makan, puasa, dan acak tidak akan mendiagnosa secara tepat penyakit diabetes.

Cek gula darah dapat dilakukan sendiri di rumah. Ini lebih memudahkan, artinya Anda dapat memiliki glucometer elektrik yang dibeli di setiap apotik. Tetapi sangat mungkin memeriksa gula darah di laboratorium rumah sakit.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kadar Gula Darah Normal Usia 50 Tahun, Berapa?

Selain Kadar Gula Darah Normal di Usia 50 Tahun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!