Rahasia dan Tips Menjaga Kesehatan Pankreas bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi hidup sehat untuk menjaga kesehatan pankreas (Unsplash/Marymarkevich)

Bagikan:

MEDAN - Organ pankreas memiliki tugas penting dalam tubuh yaitu  memproduksi dan mengelola insulin. Selain itu, pankreas juga berfungsi untuk memproduksi enzim untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh.

Perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan pankreas adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Terutama bagi penderita diabetes, kondisi pankreas perlu dijaga. Bagaimana caranya? Berikut daftarnya.

1.     Cukup minum-minuman dengan kandungan asam

Menurut Luke Coutinho, pelatih gaya hidup sehat dilansir Healthline, Selasa, 15 Juni, air lemon di pagi hari bisa menjadi obat yang bagus untuk keasaman. Tetapi makanan dengan tingkat keasaman yang dikonsumsi terus-menerus juga tak akan baik.

2.     Konsumsi sayuran silangan

Melansir Trubus, sayuran silangan merupakan sayuran dari keluarga Brassicaceae dengan banyak genera, spesies, dan kultiva. Sayuran silangan atau cruciferous vegetables antara lain brokoli, Brussel sprout, kale, pok choy, lobak, kubis, dan aragula.

3.     Bawang putih

Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Sedangkan bagi penderita tekanan darah tinggi, bawang putih dapat menjaga tubuh tetap sehat.

4.     Tubuh terhidrasi dengan baik

Kelebihan atau kurang hidrasi pada tubuh menyebabkan peradangan pada pankreas. Sel pada pankreas membutuhkan hidrasi setiap saat. Artinya perlu memastikan minum setidaknya 8-10 gelas setiap hari. Atau dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti mentimun, semangka, stroberi, selada, lobak, dan tomat.

5.     Kurangi minum teh dan kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan keasaman dan peradangan pada pankreas. Anda bisa mengonsumsi teh herbal tetapi perlu atas rekomendasi dokter Anda.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 11 Cara Menjaga Kesehatan Pankreas untuk Penderita Diabetes.

Selain Tips Menjaga Kesehatan Pankreas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!