Mengenal Diet Intermittent yang Dianjurkan oleh Banyak Agama
Ilustrasi (Photo by Foodie Factor from Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Diet kerap kali jadi pilihan untuk menurunkan berat badan atau hanya sekedar menjalani gaya hidup sehat. Beragam program pun lahir untuk wanita dan pria yang ingin menjalaninya.

Sebut saja di antaranya adalah diet keto, mayo dan baru-baru ini muncul diet puasa atau intermittent fasting.

Dilansir dari healthline, Selasa, 6 Juli, intermittent fasting atau diet puasa menjadi alternatif yang pas untuk mereka yang ingin cepat menurunkan berat badan. Bahkan yang menariknya lagi, diet ini menjaga metabolisme dalam tubuh.

5 Fakta Diet Intermittent fasting

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut 5 fakta mengenai Intermittent fasting yang harus Anda ketahui.

1.     Tidak Ada Pantangan Konsumsi Makanan

Berbeda dengan diet lainnya, diet yang satu ini tidaklah mengutamakan makanan apa yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi bagi mereka yang menjalaninya. Namun saat berpuasa, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi, teh dan minuman tidak berkalori lainnya.

2.     Makan di Waktu yang Tepat

Dengan tidak adanya pantangan mengonsumsi beragam jenis makanan, diet ini lebih mengutamakan waktu yang tepat untuk makan dan minum. Di antaranya adalah metode 16:8 yang mengharuskan Anda menghindari sarapan dan memberikan batasan waktu hanya 8 jam untuk mengonsumsi makanan.

Kemudian ada pula 5:2 sebagai metode diet untuk membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sebanyak 500-600 selama 2 dalam seminggu. Dan yang terakhir adalah selang-seling, di mana Anda bisa makan di hari ini, namun berpuasa penuh di esok hari.

3.     Memiliki Manfaat Untuk Tubuh

Intermittent fasting tak hanya dipercaya untuk menurunkan berat badan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah menjaga metabolisme tubuh, mencegah kanker dan diabetes, serta memperpanjang umur.

4.     Dianjurkan oleh Berbagai Agama

Intermittent fasting juga menjadi salah satu alternatif untuk menjalani pola hidup sehat yang diusung oleh beberapa agama. Di antaranya adalah Islam, Buddha dan Kristen.

5.     Efektif Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian yang mengungkapkan diet yang satu ini efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak dalam tubuh.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ketahui 5 Fakta Terkait Diet Intermittent Fasting Sebelum Menjalaninya

Selain Mengenal Diet Intermittent, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!