Apa Benar Sabun Pepaya Dapat Mencerahkan Kulit?
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Selain bermanfaat untuk tubuh, buah pepaya juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan, dengan banyak orang menggunakan sabun pepaya untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit mereka. Pepaya memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Sabun pepaya kaya vitamin C, antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang produksi kolagen. Sabun juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Sabun pepaya terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung enzim papain.

Penggunaan Sabun Pepaya Dapat Berdampak Buruk pada Lingkungan

Penggunaan bahan dasar tradisional pada sabun pepaya akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan tidak berdampak buruk pada lingkungan. Maka dari itu, yuk simak berbagai manfaat sabun pepaya yang dapat mendukung kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Dapat Mencerahkan warna kulit

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Proses eksfoliasi secara alami ini dapat membuat kulit wajah lebih cerah, halus, dan juga meratakan warna kulit. Kandungan vitamin A pada pepaya juga dapat meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta elastis. Vitamin C dan E pada pepaya dapat membantu Anda untuk memiliki kulit yang sehat dan tampak lebih muda.

Memudarkan bintik hitam

Anda dapat meringankan bintik-bintik kulit dan menghilangkan warna kecokelatan dengan menggunakan sabun pepaya pada kulit Anda. Baik itu bintik jerawat atau siku dan lutut gelap, menggunakan pepaya bisa meringankan bintik-bintik kulit yang gelap. Usap sabun di area yang ingin Anda hilangkan lalu bilas dengan air dingin.

Gunakan ini beberapa kali seminggu untuk mengurangi bintik-bintik di kulit Anda. Enzim papain dalam papaya ini bekerja menekan aktivitas enzim tirosinase yang mengakibatkan terbentuknya melanin penyebab kulit gelap sehingga dapat mencegah terjadinya bintik dan noda hitam.

Mencegah Jerawat

Sabun pepaya kaya akan vitamin. Bukan hanya untuk mencerahkan wajah tetapi sabun papaya juga bisa mencegah timbulnya jerawat dan noda pada kulit Anda. Jika Anda menggunakannya setiap hari, Anda akan mulai memperhatikan perbedaan pada kulit Anda.

Mengatasi Nyeri Sengatan Serangga

Selain untuk kesehatan kulit, sabun pepaya juga dapat meredakan nyeri akibat gigitan serangga. Mengoleskan sabun pepaya pada gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Juga, beberapa racun serangga mengandung peptida. Ini merupakan bahan penyusun protein. Enzim papain dapat melancarkan meningkatkan pencernaan dan juga bertindak sebagai anti-inflamasi yang dapat meredakan iritasi kulit.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tren Terbaru Penggunaan Sabun Pepaya Untuk Mencerahkan Kulit

Selain manfaat Sabun Pepaya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!