Henry Ford Sejak Tahun 1921 Sudah Usul Mata Uang Energi Sebagai Pengganti Emas
Henry Ford, pernah usulkan mata uang energi sebagai pengganti emas. (foto: biography.home)

Bagikan:

MEDAN - Pada tahun 1921, industrialis Amerika Henry Ford mengusulkan penciptaan “mata uang energi” yang dapat membentuk dasar dari sistem moneter baru. Mata uang jenis ini menawarkan kesamaan mencolok dengan sistem uang elektronik peer-to-peer yang diuraikan dalam buku putih Satoshi Nakamoto 2008 Bitcoin.

Pada 4 Desember 1921, New York Tribune menerbitkan sebuah artikel yang menguraikan visi Ford untuk mengganti emas dengan mata uang energi yang dia yakini dapat mematahkan cengkeraman elit perbankan pada kekayaan global dan mengakhiri perang. Dia bermaksud melakukan ini dengan membangun "pembangkit listrik terbesar di dunia" dan menciptakan sistem mata uang baru berdasarkan "unit kekuatan."

Pernyataan Henry Ford pada tahun 1903 kepada publikasi:

“Di bawah sistem mata uang energi, standarnya adalah sejumlah energi yang diberikan selama satu jam yang setara dengan satu dolar. Ini hanya kasus berpikir dan menghitung dalam istilah yang berbeda dari yang ditetapkan kepada kami oleh kelompok perbankan internasional yang kami sudah terbiasa sehingga kami pikir tidak ada standar lain yang diinginkan.”

“Spesifik seputar nilai mata uang akan diselesaikan ketika Kongres peduli untuk mendengarnya," tambahnya.

Meskipun Ford tidak pernah dapat memajukan visinya tentang mata uang yang didukung penuh, Bitcoin tampaknya telah membuktikan gagasan itu seabad kemudian. Sejak 2009, lebih dari 18,8 juta BTC telah dibuat melalui penambangan intensif energi yang membutuhkan komputer untuk memecahkan masalah matematika yang semakin kompleks.

Proses penambangan proof-of-work ini telah menuai kritik keras atas dugaan dampak lingkungan. Ini dianggap oleh pendukung Bitcoin, sebagai sebuah klaim picik yang mengabaikan kemampuan Bitcoin untuk mempercepat peralihan ke energi terbarukan.

Tentang hubungan antara emas dan perang, Ford menjelaskan:

“Kejahatan esensial emas dalam hubungannya dengan perang adalah fakta bahwa emas dapat dikendalikan. Hancurkan kendali dan hentikan perang.”

Beberapa pendukung Bitcoin yang paling bersemangat percaya bahwa prinsip-prinsip uang kripto yang sehat dapat menghilangkan perang dengan mengurangi kemampuan negara untuk mendanai konflik melalui inflasi.

Sementara standar emas mempersulit pemerintah untuk menggelembungkan mata uang mereka, "bankir internasional," seperti yang dijelaskan Ford, mengendalikan sebagian besar pasokan emas batangan. Proses pengendalian dan pengumpulan komoditas berharga ini memungkinkan elit keuangan untuk menciptakan pasar uang yang aktif, yang berkembang pesat selama masa perang.

Sisa-sisa standar emas ditinggalkan pada tahun 1971 oleh Presiden AS Richard Nixon, yang mengatakan bahwa pemerintahnya untuk sementara akan menangguhkan konvertibilitas antara dolar dan emas batangan. Apa yang disebut standar kuasi-emas akan bertahan sampai tahun 1973, dengan semua definisi yang menghubungkan dolar dengan emas batangan dihapus pada tahun 1976. Namun, pada dasarnya, sistem standar emas dihilangkan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1931, dengan AS mengikuti dua tahun kemudian.

Artikel New York Tribune beredar di halaman r/CryptoCurrency Reddit pada hari Sabtu, 18 September, di mana artikel tersebut menerima banyak suara positif. Sementara Satoshi Nakamoto tidak pernah menyebut Henry Ford dalam posting forum online, beberapa pengguna Reddit berspekulasi bahwa pencipta Bitcoin mungkin telah dipengaruhi oleh Ford. Yang lain dengan bercanda mengatakan bahwa Satoshi sebenarnya adalah reinkarnasi Ford, mengingat kepercayaan Henry Ford pada teori reinkarnasi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Henry Ford 100 Tahun Lalu Pernah Usulkan Mata Uang Energi Sebagai Pengganti Emas

Selain Henry Ford, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!