Teknologi AirBattery Buatan Israel Mampu Simpan Energi Surya dan Angin
Teknologi Airbattery yang dikembangkan Augwind, sangat ramah lingkungan. (foto: augwind)

Bagikan:

MEDAN - Meski ramah lingkungan, namun energi terbarukan dari sistem tenaga surya dan angin tidak dapat disimpan tanpa biaya tambahan. Hal tersebut yang menjadi hambatan utama dalam upaya dunia untuk melepaskan diri dari polusi bahan bakar dan menghindari bencana iklim.

Akan tetapi di Kibbutz Yahel, sebuah komunitas kecil tidak jauh dari Laut Merah tempat tumbuhnya berbagai jenis kurma manis bernama Medjool, warga sudah mulai menggunakan teknologi baru yang dapat menyimpan energi matahari secara murah. Bahkan bisa menghasilkan energi listrik hingga malam hari.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi AirBattery?

Pada siang hari, kelebihan energi dari panel surya menggerakkan sistem di mana air digunakan untuk mengembunkan udara di tangki bawah tanah. Setelah matahari terbenam, udara dilepaskan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. Siklus itu berulang di pagi hari. Sangat cerdas!

"Kibbutzim lain sedang menunggu dan mengamati untuk melihat apakah ini berhasil, dan tentu saja itu bisa menjadi solusi penyimpanan energi hijau untuk daerah tersebut," kata Yossi Amiel, manajer bisnis Yahel, seperti dikutip Reuters.

Sistem ini dikembangkan oleh Augwind Energy, sebuah perusahaan yang melantai di bursa di Tel Aviv dengan kapitalisasi pasar 1,2 miliar shekel (Rp 5,5 triliun).

Tidak seperti platform di atas tanah yang bekerja dengan udara kental dan membutuhkan real estat yang signifikan, perusahaan tersebut mengatakan produknya, tangki baja yang relatif tipis dengan lapisan polimer khusus, dapat ditempatkan tepat di sumber listrik dan dengan biaya lebih rendah.

Berbagai teknik sedang dieksplorasi untuk menyimpan energi, seperti sistem pompa-hidro yang menggunakan gravitasi untuk menghasilkan listrik setelah jam kerja. Ada pula baterai lithium ion seperti yang ada di mobil listrik, atau menyimpan energi dalam bentuk kimia, seperti hidrogen.

“Solusi ideal sulit dipahami,” kata Gideon Friedman, penjabat Kepala Ilmuwan di Kementerian Energi Israel, kepada Reuters.

Menurutnya, baterai bisa menjadi racun dan siklusnya terbatas. Sementara hidrogen masih dalam tahap awal dan terlalu mahal untuk dikembangkan saat ini.

“AirBattery” Augwind sekitar 80% efisien dalam menyimpan energi, sedikit lebih rendah dari baterai, tetapi tidak seperti baterai, baterai tidak menurun seiring waktu.

"Ini benar-benar masalah biaya versus persaingan baterai, apakah sistem ini dapat bersaing dalam biaya. Jika mereka bisa, kita akan melihat, saya berharap, cukup banyak. Tentu ada beberapa proyek yang sudah direncanakan," kata Friedman.

CEO Augwind, Or Yogev, mengatakan harga produk mereka setara dengan baterai lithium ion, sekitar 250 dolar AS per kilowatt jam, dan akan turun tahun depan menjadi di bawah 200 dolar AS saat diluncurkan ke lebih banyak pelanggan.

Perusahaan tersebut sejauh ini telah mengumpulkan 60 juta dolar AS (Rp 859 miliar)dari investor institusi, katanya.

"Selama beberapa tahun ke depan kita akan memasang ribuan megawatt jam menggunakan teknologi 'AirBattery'. Itu prediksi kami," kata Yogev. "Bahkan itu, ketika Anda membandingkannya dengan ukuran pasar, itu masih cukup kecil."

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Augwind, Perusahaan Israel Kembangkan AirBattery yang Mampu Simpan Energi Surya dan Angin untuk Jadi Listrik

Selain Teknologi AirBattery, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!