Robot Triple-Threat, Iron Man di Dunia Nyata?
Iron Man, robot dalam film fiksi, sebentar lagi terwujud nyata di Italia. (foto: pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Teknologi robotika di dunia telah berkembang jauh, tetapi manusia hingga hari ini masih belum memiliki jenis robot humanoid yang ramping dan canggih serta setelan mech seperti yang terlihat di film.

Kabar gembira, para peneliti di Institut Teknologi Italia (IIT) kini selangkah lebih dekat untuk mencapai impian fiksi ilmiah mereka tentang robot humanoid udara.

Diketahui para peneliti ingin membangun robot triple-threat yang bisa terbang di udara, berjalan di tanah dengan dua kaki, dan memanipulasi objek seperti pintu dan katup.

Peneliti mengatakan robot semacam itu dapat membantu memeriksa di dalam dan di sekitar gedung selama bencana alam.

Robot Triple-Threat Dikerjakan oleh IIT

Rencana untuk meluncurkan robot telah dikerjakan di IIT selama beberapa tahun, dan para peneliti baru-baru ini mulai melakukan eksperimen dengan versi tambahan dari robot iCub mereka. iCub yang luar biasa adalah “seukuran anak berusia lima tahun”, kata situs web IIT.

"Robot itu bisa merangkak dengan keempat kakinya, berjalan dan duduk untuk memanipulasi objek," kata penilitian itu seperti dikutip oleh sea.ign.com. Pasang beberapa mesin propulsi pada benda itu dan itu menjadi iRonCub.

iRonCub, seperti namanya, memiliki mesin di tangan dan kakinya yang diharapkan akan memungkinkannya terbang seperti Iron Man. Ada banyak ahli matematika yang terlibat dalam membuat penerbangan Iron Man-esque terjadi, jadi iRonCub belum benar-benar melayang di udara, tetapi harus mengambil langkah satu demi satu agar bisa terwujud. Proyek robotika ini diklaim akan mirip dengan Tesla Bot milik CEO Tesla, Elon Musk.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Iron Man Segera Muncul di Dunia Nyata, IIT Kembangkan Robot Triple-Threat

Selain Robot Triple-Threat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!