Iron Ox, Startup Silicon Valley Milik Bill Gates Kembangkan Metode Pertanian Hidroponik Menggunakan Robot
Pertanian memainkan peran penting dalam perekonomian California. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Untuk mengatasi kekeringan di masa depan, sebuah startup Silicon Valley menggunakan robot yang dapat menumbuhkan produk secara lebih berkelanjutan.

Total dana yang diinvestasikan untuk proyek tersebut cukup bernilai fantastis, yaitu 50 juta dolar AS dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Breakthrough Energy Ventures Bill Gates.

Mengkonsumsi air 90% lebih sedikit daripada pertanian tradisional

Iron Ox menggunakan robot yang terintegrasi dengan sistem hidroponik yang mengkonsumsi air 90% lebih sedikit daripada pertanian tradisional, kata CEO Brandon Alexander.

Perusahaan menerapkan sistem itu untuk bekerja di rumah kaca seluas 10.000 kaki persegi (930 meter persegi) di Gilroy, California, di mana robot self-driving bernama Grover memindahkan palet Genovese Basil dan sistem lengan robot mengangkat palet untuk diperiksa. Sensor memeriksa air untuk nitrogen dan tingkat keasaman untuk pertumbuhan yang sehat.

"Lalu mereka berkata, 'Apa yang hilang? Apa yang dibutuhkan tanaman itu yang tidak kami berikan'," kata Alexander. Setiap air yang tidak digunakan dapat dipompa kembali ke sistem untuk digunakan kembali nanti.

Pertanian memainkan peran penting dalam perekonomian California, tetapi penggunaan air semakin menjadi sorotan. Kekeringan besar terakhir pada 2012-2017 memotong irigasi bagi petani, memaksa tindakan konservasi rumah tangga yang ketat dan memicu kebakaran hutan yang mematikan.

Iron Ox menumbuhkan kemangi dan stroberi Thailand dan mengolah daun ketumbar, peterseli, dan tomat. Perusahaan juga membangun rumah kaca baru seluas 535.000 kaki persegi di Lockhart, Texas, 48 ​​km di selatan Austin.

Alexander mengatakan hidroponik - menghemat air dengan menanam tanaman tanpa tanah - hanyalah salah satu bagian dari teka-teki untuk pertanian masa depan.

"Untuk benar-benar menghilangkan pemborosan, untuk benar-benar mencapai tingkat keberlanjutan dan dampak berikutnya, kita harus memikirkan kembali seluruh proses pertumbuhan," katanya.

Putaran pendanaan termasuk investor dari Crosslink Capital, R7 Partners, dan Pathbreaker Ventures, antara lain. Iron Ox menolak mengomentari penilaiannya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bill Gates Danai Pertanian dengan Sistem Hidroponik di California

Selain Metode Pertanian Hidroponik Menggunakan Robot, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!