Mobil Pesaing Tesla Ini Berasal dari Italia
Maserati Grecale, mobil hibrida yang bakal meramaikan pasar mobil Eropa. (foto: twitter @Maserati_HQ)

Bagikan:

MEDAN - Dianggap siap hadang Tesla, pabrikan mobil asal Italia, Maserati meluncurkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) Grecale baru pada Selasa, 22 Maret.

Langkah ini menandai langkah lain mereka dalam perluasan jangkauan pembuat mobil tersebut dan bagian lain dari strategi perubahan haluan.

Peluncuran ini awalnya direncanakan pada November tahun lalu. Namun peluncuran model baru telah ditunda karena kekurangan chip global.

Maserati, merek mewah dari grup otomotif Stellantis, mengatakan bahwa model Grecale akan tersedia pada paruh kedua tahun ini.

Memiiki 3 Varian

Mobil ini akan tersedia dalam tiga versi. Dua mobil hibrida ringan empat silinder bertenaga 300 dan 330-horse. Kemudian, satu mobil hibrida tinggi dengan performa 530-kuda bertenaga bensin V6. Mobil diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi 285 kilometer per jam.

Chief Executive Maserati, Davide Grasso, mengatakan pengiriman mobil pertama ke pelanggan, akan dimulai pada musim panas untuk wilayah EMEA dan akan segera menyusul di Amerika Serikat.

Dengan panjang 4,859 meter dan harga jual mulai dari sekitar 74.000 hingga 111.000 euro (Rp 1,1 miliran -Rp1,7 miliar) Grecale akan bersaing dengan model mobil semi mewah termasuk Porsche Cayenne dan Macan, Mercedes GLE, BMW X5 dan Land Rover Discovery.

Sementara versi mobil listrik penuh dari Maserati akan tersedia tahun depan. Mobil listrik ini nanti akan menjadi pesaing baru dan potensial bagi Tesla, produsen mobil listrik terbesar di dunia.

Grecale, yang berarti angin, seperti “kakak perempuannya”, Maserati Levante, akan diproduksi di pabrik Cassino Stellantis, di Italia tengah.

Maserati bertujuan untuk menawarkan apa yang disebut versi full-electric 'Folgore' dari setiap model. Ini termasuk mobil super sport MC20 senilai lebih dari 200.000 euro (Rp2,8 miliar) pada tahun 2025. Mobil mereka akan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2030.

Sementara generasi kendaraan listrik baterai (BEV) pertamanya adalah GranTurismo baru, yang akan debut sebelum Grecale pada 2023.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Maserati Segera Luncurkan Grecale, Mobil Hibrida yang Siap Tantang Tesla

Selain Mobil Pesaing Tesla, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!