Efek Positif Algoritma di Sosial Media, Tidak Semuanya Itu Buruk Kok
Lima alasan mengapa umpan media sosial algoritma sebenarnya bagus (foto: Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Adanya sistem algoritma sosial media bisa jadi menjadi negatif dan positif. Dalam media sosial, algoritma tersebut mengatur arus informasi yang beredar di dalam sistemnya.

Perlu diketahui, algoritma di sosial media bisa kali berbeda tentang bagaimana media sosial itu menyampaikan informasi kepada penggunanya. Namun, rata-rata algoritma yang digunakan platform media sosial biasanya merekam kebiasaan pengguna.

Menariknya lantaran mengambil data dari apa yang Anda sukai, komentari, cari, dan apa yang Anda lakukan di sosial media lainnya, bisa kali itu berdampak negatif. Karena mau tidak mau, media sosial akan mengambil semua data diri Anda.

Bisa jadi, mereka adalah sumber dari begitu banyak ketidakpuasan dalam hal pengalaman online Anda. Namun, perlu Anda ketahui beberapa dampak positif dari algoritma di sosial media, seperti yang sudah VOI rangkum dari Makeuseof berikut ini.

1. Membantu Anda Melihat Lebih Banyak Hal yang Anda Minati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, algoritma memungkinkan Anda melihat lebih banyak konten yang Anda minati, karena rata-rata algoritma berdasarkan dari interaksi dan perilaku pengguna masing-masing.

2. Membantu Menyaring Kebisingan

Keuntungan lain adalah, mereka dapat membantu menyaring kebisingan. Jika Anda memiliki teman yang selalu posting setiap detiknya, dengan algoritma yang diterapkan, Anda cenderung tidak melihat jenis postingan seperti itu di umpan Anda. Sebagai gantinya, Anda hanya akan melihat postingan yang menurut algoritma akan menarik bagi Anda.

3. Membantu Anda Menemukan Hal Baru

Selin itu, algoritma sosial media juga dapat membantu Anda menemukan hal-hal baru. Meskipun Anda mungkin tidak tertarik dengan postingan itu yang muncul di umpan Anda, algoritma akan memaparkan Anda ke berbagai topik dan ide yang berbeda. Dan siapa yang tahu Anda mungkin hanya menemukan sesuatu yang Anda minati.

4. Membuat Media Sosial Lebih Personal

Keuntungan lainnya adalah Anda merasa lebih personal. Karena dengan algoritma, sosial media akan menawarkan konten yang Anda sukai dari banyaknya konten yang tersedia.

5. Membuat Pengguna Online Cukup Lama untuk Menghasilkan Uang

Terakhir, umpan media sosial algoritma bagus untuk bisnis. Platform media sosial menghasilkan uang dengan membuat pengguna tetap online, dan algoritma membantu melakukan hal itu.

Semakin lama Anda menggulir feed, semakin besar kemungkinan Anda melihat iklan. Begitulah sebagian besar platform media sosial menghasilkan uang.

Bisa jadi, Anda tidak setuju dengan penjabaran di atas, karena bagaimanapun sikap pro dan kontra akan dibalikkan kepada diri Anda sendiri dan bagaimana Anda menggunakan sosial media.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Algoritma di Sosial Media Bisa Jadi Menimbulkan Keuntungan untuk Anda, Berikut Alasannya

Selain Efek Positif Algoritma di Sosial Media, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!