Algoritma Terbaru TikTok Buat Pengguna Langsung Terhubung ke Orang yang Mereka Kenal
TikTok akan mengubah algoritma berdasarkan kontak di telepon pengguna. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Platform media sosial TikTok telah mengubah algoritma guna mendorong pengguna mengikuti orang yang mereka kenal di kehidupan nyata.

Diketahui, TikTok akan lebih banyak mendorong video dari orang yang mereka kenal lewat kontak yang ada di telepon mereka.

Algoritma rekomendasi TikTok telah mendorong video hanya berdasarkan kebiasaan menonton pengguna. Entah itu orang yang mereka kenal atau tidak di kehidupan nyata pengguna akan melihat video berdasarkan minat sebelumnya. Namun algoritma ini kemungkinan akan berubah drastis.

Pengguna TikTok Mengeluh Algoritma Terbaru

Banyak pengguna dan pembuat TikTok mulai mengeluh bahwa aplikasi tersebut mengubah algoritma rekomendasinya untuk mencoba dan menghubungkannya dengan orang yang mereka kenal di kehidupan nyata.

Menurut Wired, pembuat konten diminta untuk mengikuti teman dan keluarga mereka, atau kerabat dan kenalan mereka atau tiba-tiba mulai mengikuti mereka di platform tanpa sepengetahuan mereka sendiri. Keluhan serupa juga berlimpah di Twitter, dengan satu pengguna mengatakan mereka tidak ingin "rekan kerja, mantan, atau teman lama" mereka melihat video mereka.

Yang lain mengeluh tentang rekomendasi yang agak terlalu dekat untuk kenyamanan. Konsensus umum tampaknya bahwa algoritma baru menciptakan masalah privasi untuk satu dan semua.

Melalui sebagian besar tweet, masalahnya hanya memengaruhi orang-orang yang menyinkronkan kontak mereka dengan akun TikTok mereka. Faktanya, laporan Wired juga menunjukkan hal yang sama, dengan beberapa pengguna mengklaim telah 'tanpa disadari' menyinkronkan kontak mereka dengan aplikasi.

Sebagian besar pengguna yang terkena masalah ini mengkhawatirkan privasi mereka menyusul perubahan nyata dalam algoritma rekomendasi TikTok itu. Misalnya, seorang warga New York mengatakan ayahnya tiba-tiba mulai mengikutinya di TikTok, dan mungkin mengetahui tentang orientasi seksualnya sebelum dia siap untuk menyatakannya ke keluarganya.

Sementara TikTok telah membantah bahwa ada masalah privasi dengan aplikasi tersebut. Menurut juru bicara TikTok, aplikasi ini menawarkan "berbagai pengaturan privasi dan fitur opt-in" yang memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi aplikasi sesuai dengan preferensi mereka.

Namun, pengaturan privasi aplikasi dengan jelas menyatakan bahwa mereka akan "menyarankan akun Anda ke kontak telepon" kecuali pengguna secara manual memilih keluar. Selain itu, sementara pengguna harus memberikan izin ke aplikasi untuk mengakses daftar kontak mereka, kebanyakan orang cukup mengklik Syarat dan Ketentuan tanpa membacanya secara menyeluruh, yang berarti ada kemungkinan besar TikTok menciptakan masalah privasi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Algoritma TikTok Berubah yang Membuat Pengguna Langsung Terhubung ke Orang yang Mereka Kenal

Selain Algoritma Terbaru TikTok, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!