Cara Kerja Fitur Smart Reply di Google Docs, Cara Cepat Balas Pesan
Smart Reply di Google Docs merupakan fitur yang lebih dulu hadir di Gmail. (foto: Brett Jordan / Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Masih ingat dengan fitur Smart Reply milik Google? Ya, fitur itu kini hadir di Google Docs atau yang biasa dikenal dengan Documents. Setelah sebelumnya Google menyematkan fitur itu lebih dahulu di Gmail.

Mengutip Digital Trends, Kamis, 26 Agustus, fitur ini dapat menghemat waktu pengguna saat membalas komentar. Dijadwalkan rilis pada September, fitur ini akan menjangkau seluruh pengguna Workspace, serta pelanggan G Suite, baik akun bisnis maupun akun biasa.

Fitur Smart Reply lebih dulu hadir di Gmail

Fitur Smart Reply di Google Docs merupakan fitur yang lebih dulu hadir di Gmail, sama dengan Smart Compose dan ejaan koreksi otomatis. Itu artinya, Smart Reply di Google Docs akan berfungsi sama dengan yang berada di Gmail. Pengguna akan disajikan beberapa teks otomatis saran untuk membalas komentar di atasnya.

Misalnya saja ketika rekan kerja menanggapi menyoal revisi, pengguna tersebut dapat memilih respon Sempurna atau Terima kasih, sebagai opsi yang diberikan oleh Smart Reply. Saat ini, fitur Smart Reply hanya dapat memberikan saran untuk komentar berbahasa Inggris.

Google mengatakan fitur ini didukung oleh pembelajaran mesin, yang dapat menganalisis hal-hal yang mungkin akan diketik manusia. Perusahaan akan berkomitmen untuk secara aktif meneliti bias kognitif yang mungkin ditimbulkan dan strategi mitigasi yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, fitur Smart Reply akan tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace dan pelanggan G Suite. Fitur ini akan diluncurkan secara otomatis dan diaktifkan secara default. Untuk mengetahui apakah sudah ada fitur ini dilayanan Google Anda, cobalah masuk ke bagian Tools, pilih Preference, kemudian klik Show Smart Reply suggestions.

Meski terlihat canggih, ternyata Google bukan satu-satunya perusahaan yang memiliki fitur seperti ini. Layanan Microsoft Outlook dan Outlook.com memiliki teknologi intelijen yang dapat menambahkan animasi yang unik pada email, menampilkan saran cepat untuk penerbangan dan restoran, prediksi teks, dan bahkan menyarankan balasan dalam email. Ini menjadi lebih umum di dunia di mana kita selalu berada di dunia maya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Google Hadirkan Fitur Smart Reply di Google Docs, Cara Cepat Balas Pesan

Selain Fitur Smart Reply di Google Docs, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!