Bagaimana Cara Translate Bahasa Inggris Menggunakan Google Docs
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Di zaman sekarang Anda dipermudah dengan teknologi dengan segala fiturnya. Salah satunya adalah Google Docs yang merupakan aplikasi editing naskah yang dibuat oleh Google.

Menariknya aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis, selama pengguna memiliki jaringan internet. Fungsi dan fitur di Google Docs pun hampir mirip dengan Microsoft Work, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Fitur Rahasia Google Docs 

Selain dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen, Google Docs juga memiliki fitur yang memungkinkan melakukan pekerjaan dengan lebih mudah. Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan adalah fitur terjemahan.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat menerjemahkan berbagai macam artikel berbahasa asing ke bahasa Indonesia atau bahasa lainnya dengan cepat dan mudah.

Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan Google Docs untuk menerjemahkan artikel yang bersumber dari luar negeri, membaca jurnal, atau tulisan lainnya dari bahasa asing.

Hal tersebut dapat mempermudah pekerjaan Anda, terutama jika berhubungan dengan bahasa asing. Namun, jika Anda belum mengetahui cara menerjemahkan artikel berbahasa asing menggunakan Google Docs, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Menerjemahkan Artikel Menggunakan Google Docs

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menerjemahkan artikel berbahasa asing menggunakan Google Docs adalah membuka aplikasi Google Docs di smartphone Anda, atau gunakan browser dan cari Google Docs.

Setelah berhasil membuka Google Docs, akan muncul beberapa menu di halaman utama. Klik ikon dokumen kosong yang berada di baris paling kiri.

Selanjutnya, siapkan artikel atau dokumen berbahasa asing yang ingin Anda terjemahkan. Anda dapat menyalin artikel tersebut dan menempelkannya di dokumen kosong pada Google Docs.

Setelah itu, klik "Tools" yang ada di menu bar, dan klik kolom "terjemahkan dokumen". Akan muncul jendela pop-up terjemahkan dokumen, dan Anda dapat menamai dokumen tersebut sesuai keinginan Anda.

Pilih bahasa yang akan digunakan untuk menerjemahkan dokumen. Jika Anda ingin menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, maka pilih "Bahasa Indonesia", dan klik menu "Terjemahkan".

Tunggu beberapa saat sampai muncul tap baru yang berisi salinan dokumen yang sudah diterjemahkan. Anda dapat memeriksa dokumen tersebut dan memahaminya. Jika ingin menggunakannya, Anda dapat menyimpannya dengan klik tombol "Save" di menu bar.

Selain menyimpannya, pengguna juga dapat membagikan dokumen yang sudah diterjemahkan secara online. Anda juga dapat memindahkannya ke Microsoft Word supaya dapat membukanya secara offline.

Demikianlah tutorial menerjemahkan artikel berbahasa asing menggunakan aplikasi Google Docs. Anda pun dapat melakukannya dengan mudah seperti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Mudah Terjemahkan Artikel Bahasa Asing Menggunakan Google Docs

Selain Cara Translate Bahasa Inggris Menggunakan Google Docs, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!