Cara Cek Smartphone Sudah Update Android atau Belum
Cara cek versi Android (Device Atlas)

Bagikan:

MEDAN - Memang OS Android di smartphone kini terus mengalami pembaharuan setiap tahunnya. Umumnya smartphone yang baru diluncurkan ke pasaran menggunakan versi Android terbaru.

Sementara itu, beberapa smartphone yang sudah beredar lebih dari 1 tahun menggunakan versi Android model lawas.

Maka dari itu bagi Anda memiliki smartphone yang dibeli beberapa tahun lalu, maka wajib mengecek versi Android yang Anda gunakan, supaya dapat melakukan update terbaru.

Pihak pengembang biasanya selalu memberikan notifikasi mengenai pembaharuan sistem secara berkala. Namun, pemilik smartphone lama tetap harus melakukan update supaya tidak ketinggalan.

Pembaharuan atau update sistem Android ke versi terbaru sangat penting. Pasalnya, dengan mengupdate versi Android secara teratur, Anda dapat memperbaiki bug yang muncul di smartphone Anda atau mendapatkan fitur terbaru yang tidak bisa Anda dapatkan di versi lawas.

Namun, sebelum melakukan update, Anda harus mengetahui terlebih dahulu versi Android yang Anda gunakan. Jika pengguna ingin mengetahui versi Android yang digunakan smartphone lawas yang dimiliki, artikel ini akan menjelaskan cara melakukannya.

Cara Mengecek Versi Android di HP Xiaomi, Vivo, Samsung, Oppo

Untuk mengetahui versi Android yang digunakan smartphone Anda, buka menu pengaturan pada smartphone pengguna. Selanjutnya, gulir layar ke bawah hingga menemukan menu "Tentang Ponsel".

Selanjutanya, Anda dapat masuk ke dalam informasi perangkat lunak dalam menu tersebut. Di dalamnya, terdapat informasi mengenai versi Android, antarmuka, dan tingkat patch keamanan Android.

Setelah membaca informasi di dalamnya, maka Anda akan mengetahui versi Android yang digunakan oleh smartphone Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek versi Android di smartphone Anda menggunakan cara yang lebih mudah, yakni membuka menu "Pengaturan", kemudian klik menu "Sistem".

Terdapat beberapa ikon yang akan muncul, pilih menu "Lanjutan", dan selanjutnya pilih pembaruan sistem. Dengan cara tersebut Anda dapat mengetahui versi Android yang digunakan smartphone Anda dan melakukan pembaruan secara otomatis.

Sebagai catatan setiap Android memiliki cara yang berbeda untuk mengetahui versi sistem Android yang digunakan. Tetapi, secara garis besar cara mengeceknya hampir sama yakni dengan 2 cara di atas.

Demikianlah cara mengetahui versi Android di smartphone yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui versi sistem Android yang digunakan smartphone pengguna.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Mudah Cek Versi Android, Supaya Tidak Ketinggalan Update

Selain Smartphone Sudah Update Android atau Belum, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!