Tips Print Dokumen Melalui Smartphone, Mudah dan Praktis
Cara cetak dokumen dari handphone (Best Buy)

Bagikan:

MEDAN - Mencetak dokumen atau printing kini sudah tidak perlu lagi menggunakan komputer. Untuk melakukan hal tersebut, kini pengguna dapat melakukannya menggunakan smartphone yang terhubung dengan printer.

Nah, terdapat salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen menggunakan smartphone yaitu Epson Smart Panel.

Aplikasi buatan Epson tersebut memungkinkan pengguna untuk mencetak berbagai macam dokumen menggunakan smartphone.

Print Lewat Hp dengan Epson Smart Panel 

Cara mengoperasikan Epson Smart Panel pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Epson Smart Panel dan menghubungkannya dengan perangkat printer Epson menggunakan jaringan WiFi lokal.

Setelah itu, pengguna dapat menggunakan berbagai macam fitur yang terdapat di dalamnya. Sayangnya, Anda hanya dapat menghubungkan aplikasi tersebut dengan mesin printer Epson yang didukung dengan jaringan WiFi.

Selain mencetak dokumen, pengguna juga dapat melakukan hal lain seperti scan dokumen dan lain-lain menggunakan aplikasi tersebut. Hal tersebut dapat mempermudah Anda saat membutuhkan dokumen tertentu.

Di bawah ini tim VOI telah merangkum fitur apa saja yang dapat Anda gunakan di aplikasi Epson Smart Panel, seperti cetak dokumen dan lainnya.

Cetak Dokumen

Fitur utama yang dimiliki oleh aplikasi Epson Smart Panel adalah mencetak dokumen, foto, poster, dan konten lainnya langsung dari smartphone, tanpa harus menghubungkan kabel dari printer ke komputer.

Dengan aplikasi Epson Smart Panel, pengguna cukup menggunakan smartphone yang terhubung ke mesin printer Epson untuk mencetak file yang diinginkan.

Pindai atau Scan Dokumen

Selanjutnya, pengguna juga dapat melakukan pemindaian (scan) dokumen langsung dari aplikasi. Pengguna hanya perlu memilih fitur "Scan PDF/A4/Color" yang ada di dalam aplikasi Epson Smart Panel untuk memindai dokumen.

Setelah itu, pengguna dapat memotret dokumen yang ingin di-scan, layaknya mengambil foto, dan aplikasi akan memprosesnya menjadi dokumen yang Anda inginkan.

Foto Copy Langsung dari Smartphone

Fitur lainnya yang dimiliki oleh aplikasi Epson Smart Panel adalah foto copy dokumen. Pengguna dapat masuk ke ikon foto copy yang ada di dalam aplikasi dan pilih fitur "Copy Color/Letter/Plain".

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengatur jumlah dokumen yang di copy sesuai dengan keinginan, sehingga Anda tidak perlu mencetaknya beberapa kali menggunakan printer.

Selain itu, dengan aplikasi Epson Smart Printer, pengguna tidak perlu berada di dekat mesin printer. Oleh karenanya, Anda dapat mencetak dokumen atau hal lain dengan melakukan aktivitas lain supaya lebih produktif.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Epson Smart Panel untuk memeriksa sisa tinta yang ada di mesin printer hingga memperbaiki masalah atau error yang timbul.

Demikian adalah fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Epson Smart Panel yang dapat Anda gunakan melalui smartphone untuk mempermudah pekerjaan Anda dalam mencetak dokumen dan lainnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cetak Dokumen dengan Mudah Melalui Smartphone Menggunakan Aplikasi Epson Smart Panel

Selain Tips Print Dokumen Melalui Smartphone, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!