Menunggu Revitalisasi, Kawasan Kota Lama Kesawan Medan Diperbaiki
Petugas membersihkan lubang drainase agar tidak terjadi genang di Kesawan, Medan, Senin (13/12/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Baru-baru ini prganisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan terus berkolaborasi membenahi sarana Kawasan Kota Lama Kesawan Medan, Sumatera Utara. Hal tersebut dilakukan sembari menanti revitalisasi kawasan ini awal 2022.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis di Medan, Senin, mengatakan infrastruktur meliputi pedestrian, drainase dan utilitas sistem merunduk.

Sedangkan OPD lainnya, lanjut dia, melakukan penataan bangunan, seperti reklame dan menyosialisasikan agar pemilik bangunan menata ulang bentuk ke kondisi awal.

Kawasan Kota Lama Kesawan Medan Akan Dikembalikan Seperti Semula

"Bila tidak memungkinkan, paling tidak pemilik bangunan mengembalikan tampilan depan bangunan mengikuti arsitektur kota lama," terang dia.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melakukan lelang bagi revitalisasi penataan kawasan kaya bangunan tua bernilai sejarah tersebut.

"Pembenahan sarana di Kesawan City Walk juga terus dilakukan. OPD-OPD, termasuk pihak kecamatan dan kelurahan membenahi sarana sesuai tugas dan fungsi masing-masing," tutur Endar.

Lurah Kesawan, Maswan Harahap, mengaku pembenahan seperti jalan, drainase, kelistrikan hingga sarana yang mendukung terlaksananya protokol kesehatan di Kesawan City Walk.

Ia menyebut, pembenahan lubang-lubang inlet (masuk) agar tidak tergenang air dilakukan petugas penanganan prasarana sarana umum (P3SU) oleh petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan.

Dinas Pekerjaan Umum melakukan perbaikan jalan di beberapa ruas jalan antara lain di Jalan Kumango, Jalan Gwang Ju dan Jalan Perdana," terangnya

Selain Kawasan Kota Lama Kesawan Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!