Revitalisasi Lapangan Merdeka, Jokowi akan Letakkan Batu Pertama
Salah satu sudut Lapangan Merdeka Medan. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyatakan Presiden Joko Widodo bakal melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.

"Pada 29 Juni 2022 akan digelar puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) sekaligus peletakan batu pertama Lapangan Merdeka oleh Presiden," ucap Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman di Medan, Minggu.

Selain Presiden Joko Widodo, lanjut dia, kedua acara tersebut juga akan dihadiri beberapa menteri kabinet Indonesia maju, gubernur, dan bupati/wali kota.

Beberapa pejabat akan hadiri acara

Pada hari sama hingga 1 Juli 2022 juga digelar Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) 1 Sumatera dan pameran di Lapangan Benteng, Medan.

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh wali kota se-Sumatera yang diisi dengan karnaval, mulai dari Jalan Ahmad Yani hingga finis di Lapangan Benteng, Medan.

Baru keesokan harinya pada 30 Juni mendatang digelar rapat Paripurna HUT Ke-432 Kota Medan dan pada 1 Juli digelar upacara HUT Kota Medan di Lapangan Merdeka.

"Adapun pada malam hari digelar hiburan rakyat HUT Kota Medan dan beberapa ruas jalan ditutup. Pada 2 Juli 2022 digelar senam massal di kawasan Lapangan Merdeka untuk memecahkan rekor Muri," jelas Wiriya.

Pihaknya meminta dilakukan rekayasa lalu-lintas secara komprehensif dan pimpinan OPD terkait untuk turun ke lapangan memperhatikan hal-hal lain, seperti tempat parkir.

"Ini tidak main-main. Setelah kegiatan itu selesai, rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan pada saat revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kota Lama Kesawan," tegas Wiriya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis mengatakan pihaknya akan melakukan manajemen lalu lintas di beberapa kawasan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan.

"Kami akan turun ke lapangan untuk memastikan rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan nanti dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Selain Revitalisasi Lapangan Merdeka, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!