Danau Toba Masuk dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Bagikan:

MEDAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan siap gerak cepat mendukung pengembangan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas dengan menghadirkan berbagai program secara menyeluruh.

Hal ini dinyatakan dalam peresmian tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) oleh Presiden Joko Widodo di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut.

Sandiaga Uno Optimis dengan Danau Toba

"Infrastruktur yang baik harus diimbangi dengan kehadiran produk wisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang terbaik bagi wisatawan," ungkap Sandiaga dilansir dari Antara.

Pelabuhan penyeberangan dan KMP yang telah diresmikan ini diharapkan dapat mendukung keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Lebih lanjut, Menparekraf mengatakan berbagai program dukungan yang akan diberikan ialah mulai dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, produk wisata dan ekonomi kreatif, serta penyelenggaraan event (kegiatan) dan promosi.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan tujuh pelabuhan dan empat KMP di Kawasan Danau Toba

Ia mengajak masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang dihadirkan pemerintah.

"Terbangunnya infrastruktur ini banyak memberikan pelayanan pada masyarakat. Yang terpenting adalah pengelolaannya ke depan agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi berselempang Ulos Pinunsaan saat seberangi Danau Toba

Adapun tujuh pelabuhan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada kesempatan tersebut ialah Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Selain itu, empat KMP yang diluncurkan adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

Selain Destinasi Pariwisata Super Prioritas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!