Tanaman Apotek Hidup di Tapanuli Selatan di Lahan Kosong
Bupati Tapanuli Selatan Dolly P. Pasaribu dan Ketua TP PKK Tapanuli Selatan Rosalina Dolly Pasaribu mengunjungi Rumah PKK di Desa Paran Padang, Kecamatan Sopirok. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Masyarakat di Desa Paran Padang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara mulai giat menanam tanaman apotek hidup di lahan kosong untuk pemenuhan tanaman obat keluarga (toga).

Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu di Sipirok, Selasa, memberikan apresiasi atas kegiatan budi daya tanaman obat yang dilaksanakan warga Paran Padang dengan memanfaatkan lahan kosong.

Pemanfaatan Tanaman Apotek Hidup untuk Obat-Obatan Herbal

Tanaman apotek hidup bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan herbal, seperti halnya tanaman katuk yang bermanfaat memperlancar ASI bagi ibu menyusui, sedangkan jahe merah, bawang putih, bawang merah, serai, dan lainnya berguna untuk kesehatan.

"Selain bermanfaat bagi kesehatan hasil tanaman apotek juga bisa bernilai ekonomi keluarga. Sehingga program ini sejalan mewujudkan Tapsel (Tapanuli Selatan) yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera," ujarnya.

Ia menyatakan tentang budi daya mereka itu yang hasil studi banding beberapa waktu lalu ke suatu perusahaan.

"Kami bangga setelah studi banding tanaman toga ke Socfindo Juni hingga awal Juli 2022, PKK Paran Padang, desa pertama yang mengaplikasikan," katanya.

Menariknya, lanjut dia, tidak jauh dari lokasi tanaman apotek hidup itu, masyarakat Paran Padang memanfaatkan gudang yang sudah tak terpakai menjadi perpustakaan desa dan Rumah PKK yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermusyawarah dan tertib administrasi PKK.

"Semoga perpustakaan desa ini mampu meningkatkan minat baca warga dengan harapan semakin banyak membaca wawasan pun semakin bertambah dan mendorong jiwa ke wirausahawan, termasuk sektor pertanian," katanya.

Khusus kepada kalangan muda mudi Desa Paran Padang, ia berpesan agar lebih kreatif dan inovatif menggali potensi desa dengan memanfaatkan teknologi informasi, termasuk dalam mempromosikan berbagai makanan khas daerah.

Kepada masyarakat juga disampaikan bahwa berbagai pembangunan dan perbaikan irigasi, jalan rabat beton dan lainnya telah dianggarkan dan akan dibangun.

Ketua TP PKK Tapanuli Selatan Rosalina Dolly Pasaribu menyambut baik langkah pengurus PKK Desa Paran Padang yang proaktif menjalankan program PKK demi mendorong kemajuan pembangunan daerah setempat.

"PKK Kabupaten Tapsel tetap komit dan konsisten mendorong program PKK desa/kelurahan agar bertambah maju termasuk UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yang muaranya peningkatan pendapatan keluarga," kata Rosalina.

Selain Tanaman Apotek Hidup di Tapanuli Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!