Begini Cara Mengatur Waktu Makan agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar
Ilustrasi (Fauxels/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Memang salah satu hal yang sering dilupakan oleh sebagian orang adalah menjaga waktu makan yang benar. Pertanyaan kapan waktu makan yang benar pun mungkin sering menjadi pertanyaan yang muncul dalam benak setiap orang.

Banyak studi menemukan bahwa waktu makan memiliki efek terhadap kesehatan tubuh. Suatu studi mengatakan bahwa waktu makan akan memengaruhi jam sirkadian atau ritme tubuh bekerja termasuk pada organ. Baiknya, Anda disarankan untuk memiliki waktu makan yang konsisten atau tepat waktu di jam makan yang sama setiap hari.

Pembagian Waktu Makan

Umumnya, waktu makan dibagi menjadi tiga kali, yaitu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Lalu, bagaimana caranya untuk mencari waktu yang tepat untuk makan pada ketiganya? Simak beberapa tips di bawah ini.

1. Coba untuk makan lebih awal

Makan lebih awal memberikan manfaat untuk kesehatan. Maka itu cobalah untuk mengawali hari dengan sarapan dan hindari makan malam terlalu larut. Banyak sekali di antara kita yang melewatkan sarapan yang sebenarnya menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Bahkan Manfaat dari Sarapan pagi juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan pada siang hari agar tidak berlebihan dalam 1 porsi makan siang.

2. Batasi jarak setiap kali makan

Cobalah memberi jeda sekitar enam jam pada setiap kali waktu makan. Sebab, suatu penelitian menyarankan bahwa untuk makan dalam kurun waktu 12 jam dalam sehari. Selain itu, tak lupa berikan tubuh asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk memperlancar pencernaan dan mendukung daya tahan tubuh.

3. Rutin makan dengan teratur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makan teratur dengan waktu yang konsisten dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya agar ritme sirkadian organ dalam tubuh dapat bekerja lebih optimal.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tips Mengatur Waktu Makan yang Benar agar Kesehatan Tetap Terjaga

Selain Cara Mengatur Waktu Makan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!