Korea Selatan Khawatir ketika Jepang Membuang 1 Juta Ton Lebih Air Terkontaminasi ke Laut
PLTN Fukushima, Jepang (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

SEOUL – Kebijakan pemerintah Jepang membuang air terkontaminasi stasiun nuklir Fukushima ke laut membuat beberapa negara tetangga khawatir, salah satunya adalah Korea Selatan (Korsel).

Perlu diketahui, Jepang akan mengencerkan air agar tingkat tritium turun di bawah batas regulasi dan memompanya ke laut.

Korsel khawatir akan adanya potensi peningkatan tritium atau kontaminan lainnya.

"Keprihatinan serius bahwa keputusan tersebut dapat membawa dampak langsung dan tidak langsung pada keselamatan orang-orang kami dan lingkungan sekitarnya," ungkap pemerintahan Korsel dalam rilisnya.

Kemudian Korsel meminta Jepang untuk memberikan lebih banyak informasi terkait pembuangan air yang direncanakan. Selain itu, Korsel juga akan meningkatkan pengukuran dan pemantauan radiologis sendiri.

"Akan sulit untuk menerima jika Jepang memutuskan untuk membuang air yang terkontaminasi tanpa konsultasi yang memadai," papar pemerintah Korsel.

Selain Korsel, China dan Taiwan juga menyatakan keprihatinannya. Serikat nelayan di Fukushima selama beberapa tahun telah mendesak pemerintah Jepang agar tidak membuang air dengan alasan "bencana besar" pada industri.

Selain rencana pembuangan 1 juta ton air terkontaminasi oleh Jepang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!