BMKG Peringatkan Adanya Potensi Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Sumatera Utara
Ilustrasi hujan. (Foto- Unsplash)

Bagikan:

MEDAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengimbau kepada masyarakat akan adanya potensi hujan lebat di wilayah pesisir timur dan barat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Sub Kordinator Pelayan Jasa BMKG Wilayah I Medan, Sri Wahyuni memaparkan hasil pantauan satelit dan Info prakiraan cuaca dan Hotspot Propinsi Sumatera Utara, bahwa pada pagi hari sebagian wilayah berawan dan berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah lereng barat dan sekitarnya.

Prakiraan Cuaca di Sumatera Utara

Kemudian pada siang hari cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di Wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Sementara itu, pada sore hingga malam hari cuaca potensi hujan ringan hingga  lebat berpeluang terjadi, dan pada dini hari diprediksi berawan hingga hujan ringan di sebagian wilayah lereng Timur.

Selanjutnya, suhu udara ada pada kisaran 24.0 – 31.0 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 97 persen, dan angin berhembus dari barat daya– timur laut dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Gelombang laut juga terjadidi perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, perairan Nias hingga Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Nias (Kategori Sedang 1.25 - 2.5 meter).

BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada akan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan badai petir di wilayah pesisir timur dan barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Selain peringatan BMKG akan adanya potensi hujan lebat di Sumatera Utara, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!