Prediksi Cuaca di Sumut Hari Ini, BMKG: Sebagian Besar Provinsi Hujan Lebat dan Berangin
Arsip Foto. Mendung penanda hujan menyelimuti langit di atas wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/DARWIN FATIR)

Bagikan:

MEDAN - Sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia berpeluang hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Senin (20/6). Peringatan dini tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman resminya.

Berdasarkan informasi yang disiarkan, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpotensi mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Waspada banjir dan tanah longsor 

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Daerah-daerah yang menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang perlu mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor serta menjalankan upaya-upaya mitigasi.

Selain menyampaikan peringatan dini hujan lebat, BMKG mengeluarkan peringatan dini berkenaan dengan potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Waspada potensi meluasnya kebakaran hutan atau lahan di wilayah NTT," demikian peringatan BMKG.

Selain Prediksi Cuaca di Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!