Efek Infeksi COVID-19, Salah Satunya Menyerang Mental
Ilustrasi. (Unsplash/Önder Örtel)

Bagikan:

MEDAN - COVID-19 berdampak pada kesehatan mental adalah normal dan mempengaruhi otak dalam berbagai cara, termasuk kelelahan dan depresi, terutama dalam kasus-kasus ringan, menurut penelitian baru.

Dari 215 penelitian terhadap orang yang terinfeksi COVID-19, gejala yang dilaporkan mengikutinya antara lain kehilangan penciuman atau anosmia (43%), diikuti oleh kelemahan (40%), kelelahan (38%), kehilangan rasa (37%), nyeri otot. (25%), depresi (23%), sakit kepala (21%) dan kecemasan (16%).

Studi ini berasal dari 30 negara melibatkan total 105.638 orang dengan gejala akut virus corona, termasuk data hingga Juli 2020.

Gejala Neurologis dan Psikiatri COVID-19

"Kami telah memperkirakan bahwa gejala neurologis dan psikiatri akan lebih umum terjadi pada kasus COVID-19 yang parah. Tetapi sebaliknya, kami menemukan bahwa beberapa gejala tampaknya lebih sering terjadi pada kasus ringan," jelas penulis utama penelitian Dr Jonathan Rogers, dari UCL Psychiatry and South London dan Maudsley NHS Foundation Trust seperti melansir Sky Jumat 4 Juni.

"Tampaknya COVID-19 yang memengaruhi kesehatan mental dan otak adalah normal, bukan pengecualian," sambungnya.

Sementara itu, sebuah studi baru yang terpisah menunjukkan,  infeksi COVID-19 sebelumnya mengurangi risiko tertular lagi hingga 10 bulan. Para peneliti melihat tingkat infeksi COVID-19 antara Oktober dan Februari di antara lebih dari 2.000 penghuni dan staf panti jompo.

Peneliti membandingkan mereka yang memiliki bukti infeksi sebelumnya hingga 10 bulan sebelumnya, sebagaimana ditentukan oleh tes antibodi, dengan orang-orang yang sebelumnya tidak terkena virus.

Penghuni panti jompo dengan infeksi sebelumnya 85 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular virus lagi, antara Oktober tahun lalu dan Februari tahun ini dibandingkan penghuni yang tidak pernah terinfeksi, peneliti menemukan.

Dan staf yang tertular virus sebelumnya 60 persen lebih kecil kemungkinannya, daripada staf yang tidak pernah terinfeksi sebelumnya, masih penelitian tersebut.

Temuan menunjukkan perlindungan yang kuat pada kedua kelompok, tetapi peneliti memperingatkan, dua persentase mungkin tidak dapat dibandingkan secara langsung, karena staf mungkin telah mengakses pengujian di luar rumah perawatan, yang mengarah ke tes positif yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

"Ini benar-benar kabar baik bahwa infeksi alami melindungi terhadap infeksi ulang dalam periode waktu ini. Risiko terinfeksi dua kali tampaknya sangat rendah," terang penulis utama studi Dr. Maria Krutikov dari UCL Institute of Health Informatics.

"Fakta bahwa infeksi COVID-19 sebelumnya memberikan perlindungan tingkat tinggi kepada penghuni panti jompo juga meyakinkan, mengingat kekhawatiran masa lalu bahwa orang-orang ini mungkin memiliki respons kekebalan yang kurang kuat terkait dengan bertambahnya usia," pungkasnya.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Peneliti: COVID-19 Pengaruhi Mental, Antibodi Lindungi Infeksi Ulang hingga 10 Bulan

Selain Efek Infeksi COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!