Tips Agar Terhindar dari Stroke dan Pendarahan di Otak seperti Tukul Arwana
Ilustrasi otak (MART Production/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Beberapa saat yang lalu komedian Tukul Arwana mengalami pendarahan di otak. Berdasarkan kondisi terbaru, tukul masih menjalani perawatan intensif di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta Timur.

Terkait dengan pendarahan di otak, dr. Anita Larasati Priyono menjelaskan berbagai cara menghindarinya.

Stroke Sulit untuk Dideteksi

Sebenarnya stroke sangat sulit dideteksi karena penyakit ini menyerang tiba-tiba. Stroke biasanya menyerang seseorang berusia di atas 55 tahun. Jika dilihat secara epidemiologis, pria lebih banyak terkena stroke dibandingkan wanita. Penyebab penyakit ini bisa karena genetik, bisa juga karena pola hidup yang kurang baik seperti malas melakukan aktivitas fisik.

Untuk mencegahnya, pertama-tama harus melakukan perubahan pola makan dan pola hidup. Sebisa mungkin, perbanyak aktivitas fisik. Hilangkan kebiasaan merokok, minum alkohol, dan menjaga tekanan darah agar selalu normal. Menjaga keseimbangan berat badan juga sangat penting agar bisa terhindar dari pendarahan otak.

Jika Anda memiliki hipertensi, gangguan irama jantung, dan penyakit pembuluh darah, sebaiknya rajinlah berkonsultasi dan kontrol ke dokter. Dengan pengobatan serta kontrol teratur, maka Anda bisa terhindar dari sakit stroke.

Menurut dr. Anita, jika Anda pecandu minuman keras, sebaiknya berusahalah untuk mengurangi minuman minimal satu hingga dua gelas saja perhari.

“Kalau dia minum alkohol laki2 itu sebaiknya gak lebih dua gelas, perempuan gak lebih satu gelas.”

Kemudian bagi para pencandu narkoba suntik yang tidak menggunakannya secara benar, maka bisa terjadi penyumbatan di pembuluh darah sehingga memudahkan terjadinya stroke.

Agar Anda bisa lebih waspada, Anda harus mengenali gejala awal munculnya stroke. Menurut dr. Anita, stroke dapat dikenali jika seseorang mengalami perubahan pada wajah, mulut mencong, mengalami kesulitan bicara, lumpuh di bagian kaki dan lengan, bicara pelo, hingga susah bicara.

Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penyakit stroke, maka lakukan perubahan pola hidup ke yang lebih baik sekarang juga sebelum terlambat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Belajar dari Peristiwa Tukul Arwana, Begini Cara Hindari Pendarahan di Otak

Selain Tips Agar Terhindar dari Stroke, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!