China Lancarkan Serangan Udara ke Taiwan, AS Marah-Marah
Jet tempur F-16 Taiwan membayangi pesawat pembom H-6 China di zona pertahanan udara. (Wikimedia Commons/軍事新聞通訊社)

Bagikan:

MEDAN - Pada hari Sabtu, China mengintimidasi Taiwan dengan mengirimkan 39 pesawat. Kejadian tersebut, terjadi sehari setelah Beijing memperingati Hari Nasionalnya.

Hari peringatan nasional Beijing kemudian dimeriahkan dengan mendengungkan pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri itu dengan 39 pesawat tempur, termasuk pembom H-6 berkemampuan nuklir.

Amerika Serikat (AS) telah mengutuk serangan terbesar China ke zona pertahanan udara Taiwan, yang digambarkannya sebagai aktivitas militer 'provokatif' dan 'mengganggu stabilitas'.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price pada Hari Minggu waktu setempat meminta Beijing untuk menghentikan 'tekanan dan paksaan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan'.

"Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif Republik Rakyat China di dekat Taiwan, yang membuat tidak stabil, berisiko salah perhitungan, merusak perdamaian dan stabilitas regional," ujar Price dalam sebuah pernyataan seperti mengutip Reuters 4 Oktober.

Taiwan Kirim Pesawat Tempur Memperingatkan China

Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka.

Beijing mengklaim pulau berpenduduk 23 juta jiwa itu sebagai miliknya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuannya.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengatakan kepada wartawan pada Hari Sabtu, "China telah berperang dan merusak perdamaian regional sambil terlibat dalam banyak tindakan intimidasi."

"Terbukti bahwa dunia, komunitas internasional, semakin menolak perilaku seperti itu oleh China," tukasnya.

Disebutkan, pesawat tempur China menyeberang ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ) hampir setiap hari.

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan, tetapi mencakup area yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China, mencakup beberapa daratan China.

Beijing telah meningkatkan tekanan pada Taipei sejak Tsai Ing-wen terpilih sebagai presiden pada 2016. Dia terpilih kembali dengan telak pada 2020.

Amerika Serikat sendiri telah berjanji untuk 'terus membantu Taiwan dalam mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang memadai'.

"Komitmen AS untuk Taiwan sangat kuat dan berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di kawasan itu," tukas Price.

China belum mengomentari kegiatannya. Sebelumnya, dikatakan penerbangan semacam itu untuk melindungi kedaulatan negara dan ditujukan untuk 'kolusi' antara Taiwan dan AS, pendukung internasional terpenting pulau itu.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Kutuk 'Serangan Udara' China ke Taiwan, Amerika Serikat: Merusak Perdamaian dan Stabilitas Regional

Selain Serangan Udara ke Taiwan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!