Fitur Keamanan Google Terbaru akan Gencarkan Otentikasi Dua Faktor
Google akan memakai otentikasi dua faktor untuk semua akun. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Dalam rangka Bulan Kesadaran Keamanan Siber, Google bakal membagikan lebih banyak informasi tentang otentikasi dua faktor.

Menariknya, keamanan siber mendapatkan perhatian lebih besar dalam beberapa tahun terakhir, karena pengguna lebih peduli dari sebelumnya tentang melindungi diri mereka sendiri.

Namun sayangnya, karena orang-orang terus berbagi lebih banyak secara online, ancaman informasi sensitif yang jatuh ke tangan yang salah semakin dalam.

Google Menggalakkan Otentikasi Dua Faktor

Kini Google melakukan apa yang bisa dilakukan untuk membantu memerangi kasus ini. Awal tahun ini, perusahaan akan membuat login otentikasi dua faktor sebagai standar di masa mendatang. Pada saat itu, Google menekankan pentingnya tindakan keamanan ekstra.

Sekarang, Google telah mengungkapkan akan mengonfigurasi 150 juta akun pada akhir tahun dan membutuhkan dua juta pembuat YouTube untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah. Satu hal yang telah dilakukan Google untuk membujuk pengguna agar menambahkan fitur sebelumnya adalah membuat prosesnya sangat mudah.

Pengguna hanya perlu mengetuk perangkat seluler mereka saat masuk. Sistem ini mungkin tidak berfungsi untuk semua orang, itulah sebabnya Google bekerja pada teknologi untuk membuat prosesnya lebih nyaman.

Perusahaan saat ini mendaftarkan akun secara otomatis yang "memiliki mekanisme pencadangan yang tepat". Pengguna harus melakukan Pemeriksaan Keamanan cepat Google untuk memastikan setelan mereka mutakhir.

Tips dan Cara Menjaga Akun Google Aman

Bagian dari pekerjaan keamanan Google melibatkan pembuatan kunci keamanan. Ini memerlukan autentikasi untuk upaya masuk yang mencurigakan. Mereka telah bermitra "dengan organisasi untuk memberikan kunci keamanan gratis kepada lebih dari 10.000 pengguna berisiko tinggi tahun ini."

Pengguna Android juga memiliki akses otomatis ke kunci keamanan ini, dan pengguna perangkat Apple dapat menggunakan aplikasi Google Smart Lock. Menurut Google, lebih dari dua miliar perangkat mendukung kunci keamanan ini yang menggunakan proses masuk verifikasi dua langkah.

Pemegang akun harus menggunakan Pengelola Kata Sandi Google di Chrome, Android, dan Google App. Program ini menjaga kata sandi tetap aman di semua situs dan aplikasi. Pengguna dapat membuat kata sandi yang lebih kuat tanpa harus khawatir mengingatnya atau mengulanginya. Dengan perangkat lunak ini, Google juga "memeriksa keamanan satu miliar kata sandi untuk melindungi akun agar tidak diretas."

Pengguna iOS dapat masuk dengan satu ketukan dengan memilih Chrome untuk mengisi otomatis kata sandi. Google juga membuat pembaruan yang memungkinkan pengguna Apple menghasilkan kata sandi yang kuat seperti yang tersedia di Android. Pembaruan lain yang sedang dikerjakan adalah kemampuan untuk mengakses semua kata sandi yang disimpan di Pengelola Kata Sandi melalui menu Aplikasi Google.

Google juga telah meluncurkan fitur lain untuk menjaga keamanan akun, yakni Layanan Identitas Google. Sistem ini menggunakan token aman, alih-alih kata sandi untuk masuk ke situs mitra seperti Reddit dan Pinterest.

Fitur baru ini mewakili "masa depan autentikasi dan melindungi dari kerentanan seperti pembajakan klik, pelacakan piksel, dan ancaman berbasis web dan aplikasi lainnya." Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan Google untuk melindungi akun penggunanya, kunjungi Pusat Keamanannya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Rayakan Bulan Kesadaran Keamanan Siber, Google Rancang Otentikasi Dua Faktor sebagai Standar

Selain Fitur Keamanan Google Terbaru , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait