Begini Cara Makan Astronout di Luar Angkasa, Ternyata Bisa Santap Menu Koki Terkenal
Astronot Prancis Thomas Pesquet, sekaligus komandan ISS baru saja mengunggah video dari satu-satunya dapur yang berada di orbit. (foto: twitter NASA)

Bagikan:

Medan – Apakah Anda pernah membayangkan para astrounout di luar angkasa makan dengan melayang? Nah memang betul demikian, namun bagaimana dengan rasanya? Apah enak?

Namun jangan salah sangka dulu, siapa bilang astronot tidak dapat menikmati makanan lezat yang dibuat oleh koki berbintang Michelin selama di International Space Station (ISS)?

Astronot Prancis Thomas Pesquet, sekaligus komandan ISS baru saja mengunggah video dari satu-satunya dapur yang berada di orbit. Pesquet berujar, bahwa pelancong ruang angkasa sebenarnya dapat menikmati makanan yang cukup layak.

Pengalaman Astronot Prancis Makan Makanan Hotel

"Dapur di ISS! Saya sangat senang menerima hidangan favorit saya sehingga saya membuat video tentang mereka, dan saya mengambil kesempatan ini untuk menjelaskan kepada Anda bagaimana kami makan di luar angkasa," tweet Pesquet sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Jumat, 8 Oktober.

“Makanan! Saya sangat senang dengan kedatangan makanan saya sehingga saya membuat video tentangnya," imbuhnya.

Pesquet mendapat kiriman makanan itu bermula saat ia bertanya kepada koki terkenal berbintang Michelin Thierry Marx sebelum berangkat ke ISS, apakah dia ingin mengirim beberapa hidangan ke luar angkasa untuk dinikmati awak ISS.

Marx mengambil kesempatan itu, dan bekerja dengan peneliti kimia fisik Raphaël Haumont untuk menciptakan kelezatan yang menggugah selera seperti beef bourguignon, einkorn risotto, dan crêpes Suzette. Sebagai catatan, di Bumi, ketiga resep tersebut biasanya menggunakan alkohol, tetapi karena ini tidak diizinkan di ISS, koki tidak menambahkan bahan itu.

Sadar akan pentingnya kesehatan astronot selama misi luar angkasa jangka panjang, koki tetap memperhatikan kandungan garam, lemak, dan gula dari hidangan tersebut.

"Anda harus melihat astronot sebagai olahragawan tingkat tinggi. Thomas akan dikurung di sana selama enam bulan dan penambahan berat badan bukanlah pilihan," kata Marx belum lama ini.

Pesquet menggambarkan hidangan khusus, yang disimpan dalam kaleng, sebagai makanan pesta yang biasanya disimpan untuk dibagikan di antara kru pada akhir pekan, ketika para astronot melakukan upaya khusus untuk menikmati makanan bersama-sama, atau ketika ada yang berulang tahun.

Sementara itu, NASA juga memiliki kemitraan jangka panjang dengan koki Prancis terkenal dunia Alain Ducasse untuk menciptakan berbagai hidangan lezat untuk dikonsumsi di luar angkasa.

Agar para astronot bisa menikmati makanan luar angkasa, para koki mencoba mengemas lebih banyak rasa dan rempah ke dalam hidangan daripada yang biasanya mereka lakukan untuk pengunjung yang tinggal di Bumi. Hal itu karena di luar angkasa, indera perasa menghilang karena hidung yang tersumbat akibat cairan tubuh melayang lebih bebas dalam kondisi gaya berat mikro.

Artikel ini pernah tayang di VOI dengan judul:Astronot di ISS Pamer Makanan Buatan Koki Michelin yang Sungguh Lezat

Selain Cara Makan Astronout di Luar Angkasa, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!