Tips Mudah Transkrip Video dari YouTube ke Teks Tanpa Aplikasi Khusus
Cara Mudah Transkrip Video YouTube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi (Absolute Acounting)

Bagikan:

MEDAN - Kini aplikasi YouTube adalah salah satu platform video streaming paling populer yang banyak digunakan orang. 

Alasan orang-orang menggunakan YouTube, tidak lain untuk mengisi waktu luang serta hiburan dari rutinitas sehari-hari.

Terdapat banyak konten yang dapat ditonton di YouTube, mulai dari video receh hingga yang berisi banyak ilmu, seperti podcast yang berisi obrolan orang-orang penting di dunia.

Tidak hanya sekadar hiburan, banyak orang termasuk penulis di media online memanfaatkan video YouTube sebagai bahan untuk membuat berita. Hal tersebut membuat Anda tidak sekedar menonton video tersebut tetapi juga harus mencatat hal-hal penting di dalamnya.

Kegiatan tersebut, tentu merepotkan. Apalagi, jika harus mengulang-ulang video untuk menyinkronkan teks. Tapi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini pengguna dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mentranskrip audio dari video YouTube menjadi teks.

Jika Anda masih bingung melakukannya, artikel ini akan menjelaskan cara mentranskrip audio di video YouTube untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Cara Transkrip Audio YouTube dengan Herramientas

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mentranskrip audio di video YouTube adalah situs Herramientas. Oleh karena berbasis website, maka pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun untuk menggunakannya.

Adapun cara menggunakan aplikasi Herramientas dapat Anda lakukan dengan mengikuti tutorial yang sudah dirangkum tim VOI di bawah ini.

Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi atau situs YouTube di perangkat PC atau smartphone Anda.

Selanjutnya, cari video video yang ingin Anda transkrip audionya menjadi teks. Klik ikon titik tiga di pojok kanan video dan pilih menu "Bagikan".

Kemudian pilih dan klik salin link untuk meng-copy serta mendapatkan alamat link dari video tersebut. Selanjutnya, buka browser yang ada di PC atau smartphone Anda, dan buka situs Herramientas.

Setelah situs terbuka, scroll kebawah dan cari kolom "Desgrabador", kemudian klik tombol Bahasa Indonesia atau gunakan bahasa lainnya yang sesuai.

Tempel link video YouTube yang sudah disalin sebelumnya pada kolom yang disediakan dan klik tombol "Transkip".

Tunggu sampai proses transkip selesai. Jika sudah gulir ke bawah untuk melihat hasilnya. Audio pada video YouTube yang Anda pilih sudah ditanskrip menjadi teks dan dapat Anda gunakan.

Selanjutnya, klik salin pada teks hasil transkrip kemudian tempel di halaman "Word" atau "Notepad" yang ada di perangkat Anda.

Demikianlah cara mentranskrip audio di video YouTube menjadi teks. Anda dapat melakukannya dengan mudah sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Cara Mudah Transkrip Video YouTube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

Selain Transkrip Video dari YouTube ke Teks , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!