Fitur Terbaru YouTube di iOS: Picture-in-Picture, Bagaimana Cara Menggunakannya?
Fitur Picture-in-Picture diketahui memberi kemampuan bagi pengguna untuk menonton video dalam bentuk PiP sambil menjelajahi aplikasi lain. (foto: Hello I'm Nik / Unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Pada Juni lalu, YouTube mengumumkan akan membawa fitur Picture-in-Picture (PiP) pada pengguna iOS, dan sekarang tampaknya fitur itu benar-benar nyata dan sudah dapat digunakan.

Meskipun fitur ini masih terbatas untuk pelanggan Premium alias dalam masa uji coba. Tetapi, pengujian untuk pengguna Premium masih akan dilanjutkan hingga 31 Oktober mendatang. Sayangnya, YouTube tidak memiliki timeline untuk membagikan kapan semua pengguna iOS akan mendapat akses tersebut.

Memberi kemampuan bagi pengguna untuk menonton video dalam bentuk PiP

Fitur Picture-in-Picture diketahui memberi kemampuan bagi pengguna untuk menonton video dalam bentuk PiP sambil menjelajahi aplikasi lain. Fitur ini hanya akan hadir dalam aplikasi seluler. Pelanggan Premium harus mengaktifkan kemampuan untuk mengujinya melalui situs web eksperimen YouTube di desktop.

Tahun lalu, YouTube menjadikan keikutsertaan pengguna dalam eksperimen tersebut sebagai keuntungan layanan Premium-nya. Jika sudah membuka situs web eksperimen, kemudian coba gulir layar ke bawah, nantinya akan terlihat kolom “Picture-in-Picture dalam iOS” dengan opsi untuk mencobanya.

Pengguna akan diminta untuk masuk ke akun mereka. Kemudian, saat menonton video YouTube, cukup keluar dari aplikasi menggunakan tombol beranda atau dengan menggesek ke atas dan Picture-in-Picture akan dimulai.

Perlu diingat, dengan mengunci layar ponsel saat menonton PiP akan menjeda video, tetapi pengguna dapat melanjutkannya melalui kontrol media layar kunci.

Setelah melihat video melalui fitur ini, pengguna dapat menyesuaikan di mana video dengan PiP akan diletakan dan seberapa besar layar yang ditampilkan. Saat pengguna mengeklik video, mereka akan kembali ke aplikasi YouTube.

Beberapa pengguna juga sudah dapat mengaktifkan fitur tersebut di iPad dan iPhone, tetapi tampaknya belum begitu sempurna. Hal ini wajar karena masih dalam tahap pengujian. Seperti yang dijanjikan pada Juni lalu, YouTube juga akan menghadirkan fitur tersebut ke semua pengguna, bukan hanya pengguna berbayar. Demikian dikutip dari The Verge, Selasa, 31 Agustus.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: YouTube Uji Coba Fitur Picture-in-Picture di iOS, Simak Caranya!

Selain Fitur Terbaru YouTube di iOS, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!